SHARE THIS ARTICLE

Mengenal Mie Zaru SobaDalam bahasa Jepang soba berarti buckwheat, yaitu sejenis gandum khusus yang banyak tumbuh di Hokkaido, pulau yang beriklim sejuk di Jepang. Gandum khas Jepang ini umumnya dipakai untuk membuat mi. Berbeda dengan cara membuat mi Cina yang ditarik-tarik sampai mencapai diameter tertentu, adonan soba dicetak tipis, dan kemudian dipotong dengan pisau. Pada umumnya soba berwarna abu-abu keruh dan kusam, sesuai dengan warna alami gandumnya. Ada juga soba yang dibuat dengan campuran teh hijau, sehingga warnanya pun hijau cantik, dan disebut cha-soba.

Zaru Soba adalah mie soba dingin dengan saus, dan itu adalah hidangan mie musim panas di Jepang. Zaru berarti saringan dalam bahasa Jepang, dan mie Soba dingin biasanya disajikan di atas alas bambu berlubang yang berfungsi juga sebagai tirisan air. Zaru soba adalah hidangan yang sangat cocok dihidangkan saat udara sangat panas.

Mie Soba merupakan salah satu makanan Jepang yang populer di Amerika Serikat, kamu dapat menemukan mie soba kering di sebagian besar supermarket di sana. Salah satu alasan mengapa Soba populer di sana adalah karena Soba jauh lebih sehat daripada mie instan atau mie lainnya yang terbuat dari tepung halus. Soba memiliki lebih sedikit kalori dan lebih banyak nutrisi seperti vitamin B, berbagai mineral, dan serat. Alasan lain adalah bahwa Soba tidak mengandung gluten apapun. Demam diet bebas gluten baru-baru ini menyumbang kontribusi terbesar terhadap popularitas mie Soba.

Tidak hanya sehat, tapi rasanya juga enak, tentu saja. Karena mie Soba tidak memiliki gluten, maka mie tersebut dapat dipotong lebih mudah daripada mie lainnya. Di Jepang diyakini bahwa makan Soba akan memotong kemalangan tahun sebelumnya dan membawa keberuntungan di tahun depan.

Zaru Soba adalah suatu hidangan yang sempurna untuk makan ketika Kamu tidak memiliki banyak nafsu makan dalam cuaca yang panas. Orang-orang menikmati sensasi dingin mie turun ke tenggorokan mereka dengan lancar daripada mengunyah.

Source : delima.co
COMMENT