Share on

Sebagai negeri tempat tinggal para samurai, Jepang ternyata tak hanya mampu menghasilkan pedang katana yang tajam, tapi juga terkenal karena menciptakan pisau-pisau yang tak kalah mengesankan, dengan menggunakan teknik pembuatan yang sama. Tradisi yang telah ada selama berabad-abad itu membuat pata pengrajin pisau juga memakai teknik mengasah dan memalu yang digunakan oleh para pembuat pedang untuk para samurai sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu, tak heran jika pisau dari negara ini bisa dibilang sebagai yang terbaik di dunia.

Advertise With Us

Seorang YouTuber Jepang pemilik akun Attoteki Fushinsha no Kiwami, memperlihatkan teknik tradisional tersebut dalam video unggahannya, yang ternyata juga sangat cocok untuk membuat pisau dari bahan apapun. Ia bahkan membuat video tutorial pembuatan pisau dari bahan sehari-hari, salah satunya adalah dengan mengubah gulungan aluminium foil sederhana menjadi pisau yang super tajam, dan hasilnya sangat sulit untuk dibedakan dengan produk yang dibeli do toko.

Membutuhkan niat serta tekad yang kuat untuk mengubah gulungan aluminium foil biasa menjadi pisau dapur yang luar biasa, karena waktu yang dibutuhkan pun tidaklah sedikit. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menempa gulungan foil hingga rata dan kemudian mengeluarkan gulungan kardus di dalamnya, lalu memalu kembali lembaran logam tersebut sembari dipanaskan hingga pipih serta padat, dan aluminium foil yang sudah berbentuk persegi panjang mulai menyerupai, bahkan dapat mengeluarkan suara seperti logam.

Setelah padat, potong aluminium foil menyerupai bentuk piasu dengan menggunakan gergaji besi, dan asah sisi-sisinya yang kasar memakai batu asah #150, diikuti dengan memanaskannya di atas nyala api sedang, hingga dua bagian utama foil yang dipadatkan terpisah. Proses pembuatan pisau dilanjutkan dengan menempa bahan foil secara terus-menerus hingga pisau menjadi benar-benar keras dan menciptakan permukaan yang rata, lalu diamplas agar teksturnya menjadi licin, dan asah kembali memakai batu asah dengan tipe yang berbeda-beda.

Di sela-sela mengasah, YouTuber yang juga pengrajin pisau handal tersebut menyiramkan sedikit demi sedikit air untuk membasahi batu asahannya yang bertipe #2.000, diikuti dengan memakai batu asahan tipe-tipe lainnya seperti, 6.000, 8.000, 12.000 dan kemudian 30.000 untuk mempertajam dan membuat ujung pisau menjadi berkilauan.

Selain untuk memudahkan penggunanya, pisau yang bagus juga harus memiliki gagang yang sama bagusnya, maka dari itu, Attoteki Fushinsha no Kiwami membuat gagang pisau dengan memakai beberapa potongan kayu. Bahannya mungkin sangat sederhana, tetapi waktu dan keterampilannya ini lah yang benar-benar membuat oprang-orang terkesan, tidak heran jika kemudian video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 2,9 juta kali sejak dirilis pada tanggal 25 Maret lalu.