Share on

Orang Jepang seringkali kurang memiliki pemahaman yang baik tentang tata bahasa dan kosa kata dalam bahasa Inggris, meskipun terkadang ada yang menggunakan, sebagian karena mencoba untuk menginternasionalkan diri, dan sebagian lagi menganggap bahasa Inggris terlihat keren. Namun kerap kali tulisan-tulisan itu justru akan membuat siapapun tersenyum simpul, karena aneh atau pemilihan kata-kata dalam bahasa Inggris yang cukup ganjil dalam setiap kalimat.

Advertise With Us

Sama halnya dengan tulisan Jepang, yang kerap muncul di negara-negara lain, terkadang juga cukup aneh untuk dibaca. Misalnya, pengguna Twitter Jepang @steinfeld_Va, baru-baru ini makan di sebuah restoran di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam menyajikan masakan Jepang, tetapi nama-nama dan tulisan pada menunya yang unik justru memberikan kesan yang tak terlupakan bagi mereka yang mengerti bahasa Jepang.

Tokyo Belly, yang terletak di Jakarta, memberikan beberapa nama yang tidak biasa kepada hidangan mereka, seperti Slam Dunk untuk salmon sushi ball, yang mungkin karena bentuk dan warnanya menyerupai bola basket, mirip dalam anime Slam Dunk. Keanehan yang sebenarnya, terlihat pada halaman Bibimbap (yang sebenarnya hidangan hotpot dari Korea), restoran tersebut dengan bangga menulis kalimat "Kanzen na hara no ato, subete ha shi desu", yang berarti, "Setelah perut lengkap, semuanya adalah sajak."

Mungkin ini adalah terjemahan yang gagal, di mana mereka bermaksud untuk mengatakan 'Kenyang' (manpuku) dan bukannya 'lengkap' (kanzen). Lebih sulit lagi untuk mencari tahu pesan apa yang tertulis di halaman Sushi roll, meskipun, restoran tersebut memerintahkan untuk "Sukoshi sasare! Sukoshi sasare! "atau yang berarti, "Ditusuk sedikit! Ditusuk sedikit!."

Sementara itu, tulisan aneh lainnya terdapat pada halaman pasta dan mengungkap bahwa "Jinsei wa mahou to pasta. Sorera no shokuji o tanoshimu", yang berarti "Hidup itu sihir dan pasta. Nikmati makanan termasuk ini."

Kurang filosofis, namun sama aneh dengan sebelum-sebelumnya, adalah bagaimana bagian sushi yang dibungkus gunkan ditulis, "Ichido ichido kamu, oishii tabemono, chiisakute kawaii" yang berarti "Gigit mereka sekali, sekali. Makanan yang lezat. Mereka kecil dan imut."

Sejak diunggah pada tangal 2 September kemarin, foto-foto yang dibagikan oleh pemilik akun Twitter @steinfeld_Va menjadi viral di dunia maya, setelah mendapat lebih dari 50 ribu kali RT dan 12 ribu orang lainnya menyukai Tweet tersebut.

Bagaimana, tertarik untuk membuktikannya secara langsung?