Share on

Toshiba Corp. pada hari Senin kemarin mengumumkan telah mengembangkan teknologi untuk mendeteksi 13 jenis kanker dari satu tetesan darah dengan tingkat akurasi 99% dalam hitungan jam.

Dalam pengembangan ini, Toshiba bekerja sama dengan Tokyo Medical University dan National Cancer Center yang nantinya teknologi ini akan dikomersilkan dalam beberapa tahun kedepan setelah melakukan uji coba yang akan dilaksanakan tahun depan.

Toshiba Kembangkan Teknologi Untuk Mendeteksi Kanker Dalam Hitungan Jam
Alat untuk mendeteksi kanker (gambar: Toshiba Corp. via Asahi)

Perusahaan juga mengatakan bahwa teknologi ini dapat digunakan untuk menangani kanker pada tingkat awal. Metode ini didesain untuk memeriksa tipe dan konsentrasi molekul microRNA yang dihasilkan oleh sel kanker dalam darah.

Koji Hashimoto, Chief Research Scientist dari Toshiba juga mengatakan bahwa, “Dibandingkan dengan metode dari perusahaan lain, kami memiliki kelebihan dalam tingkat akurasi, waktu yang dibutuhkan, dan biaya dalam mendeteksi kanker.

Pihak peneliti juga mengatakan bahwa tes dilakukan melalui alat kecil yang dapat mengidentifikasi penyakit kanker dalam waktu 2 jam termasuk pankreas, lambung, dan kanker payudara. Mereka juga mengatakan bahwa hal ini dapat mengurangi biaya dari pendeteksian kanker.

Seperti dikutip dari Asahi, para peneliti juga mengharapkan bahwa pengujian dengan menggunakan metode ini akan memiliki harga yang terjangkau yang kurang dari 20,000 yen, dan tersedia sebagai pilihan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendeteksian lainnya.