Share on

Sebagian dari kita yang pernah mengunjungi Jepang pasti pernah kebingungan saat menggunakan toilet Jepang. Bukan hanya karena tulisannya yang ditulis dengan kanji, hiragana dan katakana, tapi juga karena simbol piktogram yang sedikit sulit dimengerti oleh turis asing.

Simbol piktogram tentang cara menggunakan toilet listrik Jepang telah terdaftar sebagai standar Internasional. Pengumuman ini telah disampaikan oleh pemerintah Jepang pada hari Senin lalu, dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk membuat simbol-simbol tersebut semakin akrab dan mudah dimengerti berhubungan dengan semakin banyaknya turis asing yang berkunjung ke negeri bunga sakura ini.

Menurut Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang, enam jenis simbol piktogram yang menunjukkan petunjuk tentang tombol mana yang harus ditekan saat mengoperasikan toilet Jepang yang berteknologi tinggi telah dikenali oleh International Organization for Standardization. Piktogram yang dirancang oleh badan pembuat toilet industri Jepang berupa simbol untuk fungsi "flush kuat", "bidet" dan "menaikkan / menurunkan tutupnya."

Karena penggunaan toilet Jepang berteknologi tinggi menjadi semakin populer di mancanegara, para pakar industri berharap bahwa sekarang piktogram yang diusulkan Jepang telah menjadi standar global, sehingga produsen rumah tangga seperti toilet dengan fungsi semprotan air akan dapat memasuki pasar luar negeri.

Sejalan dengan standar internasional, kementerian tersebut juga akan memodifikasi Standar Industri Jepang untuk piktogram dalam tahun ini.

Berikut adalah cuplikan berita mengenai pengesahan simbol dari toilet elektronik Jepang :

(featured image : Japan Today)