Share on

Robot anjing dari Jepang sudah bukan hal yang baru lagi, dari robot anjing peliharaan, hingga robot berbentuk anjing Chihuahua, bahkan robot yang telah rusak pun dikubur layaknya manusia. Kini ada robot anjing yang akan menyalak jika mendeteksi jari kaki yang agak bau, dan akan pingsan jika baunya sangat menyengat. Kaki yang bau bisa membuat keadaan menjadi canggung, bahkan di Jepang bisa dianggap sebagai bentuk pelecehan dan robot anjing bernama Hana-chan ini bisa mengendusnya.

Dilansir dari berbagai sumber, robot anjing dari Jepang yang namanya berasal dari kata dalam bahasa Jepang yang berarti "hidung" tersebut dikembangkan oleh perusahaan Next Technology bersama National Institute of Technology Kitakyushu College (NITkit). Robot berukuran 15 cm yang dilengkapi sensor pendeteksi bau untuk hidung itu akan memeluk kaki orang yang diendusnya jika tidak ada bau yang berarti. Jika ada bau yang bermasalah dia akan mulai menggonggong dan mengatasi situasi jika bau kaki tak tertahankan itu dengan semprotan penyegar udara. Namun jika kaki tersebut benar-benar bau maka Hana akan jatuh pingsan.

Robot anjing yang lucu itu dibuat sebagai tanggapan atas permintaan dari seorang pria yang sangat ingin tahu apakah ia punya masalah dengan bau kakinya. "Dia mengatakan kepada kami bahwa putrinya telah mengatakan bahwa kakinya bau. Tapi dia tidak ingin tahu seberapa buruk bau itu karena dia akan merasa sakit hati. Karena itulah kami mengembangkan robot imut ini," ungkap Kimika Tsuji, karyawan perusahaan tersebut.

Hana-chan rencananya akan mulai dijual oleh Next Technology pada awal tahun depan, dengan harga lebih dari 100.000 yen. Sebelum Hana-chan hadir, beberapa waktu lalu juga telah ada robot anjing pendeteksi bau kaki serupa bernama Shuntaro-kun.

(Featured image: japantimes.co.jp)