Share on

Akhir-akhir ini, demi menghindari penyebaran virus COVID-19, banyak toko dan restoran yang terpaksa harus tutup sementara atau mengalihkan layanan mereka menjadi hanya untuk take away saja. Oleh karena itu, online nomikai atau pesta minum online menjadi populer di Jepang. Tetapi jika melakukan nomikai secara online saat semua orang ada di rumah, pastilah akan sangat berisik dan mengganggu. Apalagi jika harus melakukan nomikai dengan rekan kerja, rekan bisnis, atau acara penting lainnya. Maka, butuh tempat online nomikai bagi mereka. 

Karena alasan ini, di Jepang, jenis-jenis restoran atau bar baru mulai bermunculan secara bertahap. Mereka menjanjikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk pesta minum online di saat kondisi pandemi seperti sekarang ini. Para pengunjung tidak perlu khawatir akan berdekatan atau bersentuhan dengan orang lain, karena pengunjung akan tetap terisolasi. Bahkan pemesananan makanan dan pembayaran dilakukan via smartphone.

Nomikai atau pesta minum online di Jepang (grapee.jp)
Nomikai atau pesta minum online di Jepang (grapee.jp)

Restoran Kichiri di Shinjuku adalah salah satu dari tempat terbaik untuk online nomikai. Saat masuk dari pintu depan, pengunjung akan dipandu oleh pelayan melalui monitor LCD, dan diarahkan ke tempat duduk dengan menggunakan peta restoran. Pengunjung dapat memesan makanan dengan cara memindai kode QR yang ada di atas meja dengan ponsel, lalu menu makanan akan muncul di layar ponsel. Pesanan yang diantar akan ditutup rapat dan pelayan akan meletakkannya disebelah meja pengunjung untuk diambil sendiri, jadi pengunjung tidak perlu khawatir.

Restoran ini telah dikembangkan di bawah bimbingan Sanitize Co., Ltd., dan telah memenuhi persyaratan untuk mencegah penyebaran virus. Di pintu masuk restoran juga sudah ditempatkan terowongan disinfektan untuk setiap orang yang masuk.

Pengunjung dapat mengadakan pesta minum online ataupun memesan menu all you can drink untuk sendiri. Kichiri juga menyediakan tablet untuk pengunjung yang datang untuk pesta minum online. Bahkan, mereka juga menyediakan masker untuk pengunjung yang tidak memiliki masker.