Share on

Dalam setiap bahasa, pasti ada beberapa kata yang harus digunakan dengan sangat hati-hati, seperti kata kasar dan kata umpatan. Bahasa Jepang adalah salah satunya. Bagi banyak pelajar bahasa asing, perbedaan besar dalam huruf Jepang, aksen, dan budaya dapat menyebabkan banyak kebingungan. Tetapi jangan salah menilai mempelajari kata kasar dan sumpah dalam bahasa Jepang yang paling umum, jika kamu serius menekuni bahasa ini.

Advertise With Us

Orang Jepang dikenal sebagai salah satu yang paling sopan. Jarang sekali ada orang yang acak-acakan mengucapkan kata kasar di Jepang, tetapi orang asing biasanya mempelajari kata-kata ini dari manga atau anime. Jangan sampai salah menggunakannya, pelajari agar kamu bisa menghindari dan berhati-hati dalam penggunaan kata ini. Berikut adalah kata umpatan dan kata kasar dalam bahasa Jepang.

Kata Kasar Level 1

1. ばか (baka)

Artinya: bodoh

Adalah kata ofensif yang cukup umum yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya. Beberapa orang mungkin memperdebatkan apakah ini dianggap sebagai kata umpatan atau tidak, karena setiap budaya berbeda.

kata kasar bahasa Jepang
Kata umpatan dan kata kasar dalam bahasa Jepang (pakutaso.com)

2. う ざ い (uzai)

Artinya: menjengkelkan

Kenal dengan seseorang yang spesial tapi hanya menyusahkan? 'Uzai' adalah kata yang tepat untuk menggambarkan mereka. Ini juga bisa berarti berisik. Jika kamu ingin menekankan kata ini, akhiri 'uzai' dengan 'e' yang panjang (mis. Uzaeee).

3. わ る が き (warugaki)

Artinya: brat (anak nakal)

'Warugaki' biasanya adalah kata kasar yang digunakan untuk seseorang yang lebih muda dari kamu. Ketika kamu punya anak atau adik yang sangat merepotkan dan tidak membiarkan kamu menikmati waktu sendiri, kata ini pas untuk digunakan.

4. ぶ す (busu)

Artinya: wanita jelek

Bukan jenis kata yang ingin kamu gunakan untuk orang asing, tetapi ‘mungkin’ akan kamu gunakan ketika bercanda dengan teman-teman.

5. 奴 (yatsu)

Artinya: orang

Kamu mungkin bingung, apa hubungannya 'orang' dengan kata kasar dalam bahasa Jepang? Penjelasannya, bahasa Jepang memiliki tingkatan bahasa yang berbeda dari budaya lain. 'Yatsu' dapat memiliki konotasi negatif yang digunakan sebagai cara merendahkan dan menempatkan orang lain di bawah level kamu.

6. ち く し ょ う (chikushō)

Artinya: sial

Kata kasar ini tidak ditujukan pada seseorang, tetapi kemungkinan digunakan ketika kamu kehilangan dompet atau kunci mobil, terlambat untuk masuk kelas, atau ketika kamu tersandung dan jatuh di jalan.

kata kasar bahasa Jepang
Kata kasar dalam bahasa Jepang (pakutaso.com)

7. ど け! (doke!)

Artinya: minggir!

Bayangkan kamu terlambat bekerja atau berkencan, dan kamu berusaha menerobos orang-orang di dalam kereta untuk bisa keluar sebelum pintu ditutup. Kamu mungkin akan menyinggung lebih banyak orang jika kamu mendorong mereka. Gunakan ‘doke’ untuk memberi tahu orang-orang bahwa kamu sedang terburu-buru.