Share on

Siapa disini yang tertarik mempelajari Bahasa Jepang karena menonton anime dan dorama Jepang? Mempelajari penggunaan kata Bahasa Jepang melalui tayangan anime dan dorama dinilai dapat mempermudah proses pembelajaran, sekaligus membuat prosesnya menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah kata bahasa Jepang yang paling sering muncul dalam anime, dan mungkin saja sering kalian tiru pengucapannya sehari-hari!

Advertise With Us

1. Nani ?!?

Nani = “apa?” biasanya dilafalkan dengan nada suara yang kaget. Namun terkadang itu hanya reaksi umum dalam keseharaian karakter anime. Kalian akan sering melihatnya di genre anime:

Tapi kata ini cenderung universal sehingga dapat muncul di semua genre anime.

Nani?!?
Nani?!? (animemotivation.com)

2. Arigato

Arigato” yang terkenal adalah kata Bahasa Jepang umum yang berarti “terima kasih”.

Arigato
Arigato (animemotivation.com)

Karakter anak dan remaja laki-laki maupun perempuan anime memiliki kecenderungan untuk banyak berterima kasih dan meminta maaf. Bahkan ketika mereka tidak melakukan kesalahan apa pun pada khususnya. Tapi itu hanya gambaran tentang bagaimana budaya Jepang, bersama dengan perilaku khas mereka di masyarakat.

3. Onii-chan

Onii-chan berarti "kakak laki-laki" dalam Bahasa Jepang. Kalian cenderung melihat ini di serial anime di mana adik perempuan memainkan peran pendukung dalam cerita. Contoh judul anime seperti itu antara lain:

  • Monogatari.
  • My Little Sister Can’t Be This Cute.
  • Eromanga Sensei.
  • Oregairu.

Dan lebih banyak lagi seri romansa atau bertema sekolah di mana “Onii-chan” adalah ungkapan kata bahasa Jepang yang umum. Terutama jika di dalamnya terdapat hubungan incest. Hmm...

Onii-chan
Onii-chan (animemotivation.com)

4. Moshi Moshi

Moshi Moshi = “halo” dalam Bahasa Jepang. Meskipun hanya mewakili satu kata ketika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, kata itu diulang dua kali dalam bahasa Jepang. Chiaki Minami dari anime slice of life, Minami-Ke mengatakan "moshi moshi" setiap kali dia menjawab telepon.

Moshi-Moshi
Moshi-Moshi (animemotivation.com)

5. Souka/soka

Souka = “oh begitu” atau “saya mengerti” dalam bahasa Indonesia dan “I see” dalam bahasa Inggris, bukan satu-satunya kata bahasa Jepang yang digunakan ketika karakter anime menerima dan memahami sebuah situasi, tetapi juga merupakan frasa umum dan terkenal di komunitas anime.

Karakter seperti Goblin Slayer (dari anime dengan judul yang sama) telah membuat kata “souka” sangat populer. Karena itu salah satu dari beberapa kata yang keluar dari mulut Goblin Slayer. Kosa katanya sederhana.

Soka
Soka (animemotivation.com)

6. Hai!

Hai = “ya”, digunakan sebagai bentuk kesepakatan dalam anime genre romansa, slice of life, komedi dan jenis serial anime lainnya. Kalian akan melihatnya di genre anime bersetting "sekolah" lebih dari genre lainnya.

Hai!
Hai! (animemotivation.com)

7. Nii-chan

Nii-chan penggalan kata umum dari Onii-chan. Tapi kata ini masih ditemukan di banyak serial anime. Nii-chan digunakan sebagai cara untuk menunjukkan "kasih sayang" kepada kakak laki-laki. Atau dengan kata lain itu berarti karakter tersebut sangat mencintai kakaknya. Monogatari adalah salah satu contoh anime yang banyak menggunakan kata “Nii-chan”.

Nii-chan
Nii-chan (animemotivation.com)

8. EHHHH?

Tidak harus menjadi sebuah frasa, karena ini adalah reaksi yang kalian sering dengar di anime ketika seorang karakter terkejut.