Share on

Minimalis telah menjadi tren gaya hidup baru di Jepang, termasuk dalam hal desain rumah. Jika sebelumnya telah dibahas tentang berbagai jenis rumah minimalis di Jepang dari rumah kecil minimalis, rumah minimalis yang menjadi impian semua fotografer, rumah kayu minimalis unik yang dibangun di atas gunung berapi aktif, hingga rumah impian generasi millenial yang memadukan gaya minimalis dan tradisional, kini ada 3 rumah minimalis lainnya yang mungkin menjadi impian kalian.

1. Rumah minimalis dengan pemandangan tepi laut di Jepang

Dengan menaiki kereta api Enoden yang bersejarah di prefektur Kanagawa, pada satu titik stasiun, kalian akan dibawa menuju rumah minimalis dengan kolam renang tak berujung, yaitu dengan kolam renang yang memiliki pemandangan tepi laut. Pemandangan tersebut akan memanjakan mata dan membuat kalian merasa sedang melakukan liburan yang menyenangkan. Desain rumah ini dibuat oleh Shinichi Ogawa & Associates.

Jika kalian lihat di dalam rumah ini, ada tangga memutar yang mencolok yang diterangi dari atas dengan cahaya alami dari matahari yang menyebar ke seluruh ruangan. Namun, sisi yang menghadap ke jalan adalah dinding yang tidak berbentuk, hanya menonjolkan satu pohon palem sebagai focal point visual yang terlihat dari dalam ruangan tersebut.

Rumah ini memiliki warna yang sangat simple seperti pada umumnya yang memiliki cat berwarna putih, ruangan di setiap sudut yang dibuat secara presisi sehingga masing-masing memiliki pemandangan langsung ke teras, kolam renang, dan pantai yang tidak terhalangi.

2. Rumah minimalis dengan memanfaatkan kaca sebagai sumber cahaya

Label perusahaan Jepang, Muji, memperluas jangkauan bisnisnya ke perumahan dengan rumah prefabrikasi ini yang disebut "Window House." Kalian dapat menemukan rumah minimalis ini sekitar 30 mil dari Tokyo di sebuah kota tepi pantai yang disebut Kamakura.

Jika kalian tertarik untuk memilikinya, siapa pun yang memiliki keluarga atau teman sekamar bisa mendaftarkan diri dan mencoba untuk tinggal di rumah ini selama dua tahun. Rumah ini juga akan diisi dengan berbagai macam produk dan perabot dari Muji, jadi kalian tidak perlu membawa atau membeli peralatan ekstra sendiri.

Dengan mengusung gaya minimalis, ruang ini dibuat dengan cat dasar dinding putih bersih di bagian luar dan untuk lebih menekankan penampilannya yang ramping. Di dalamannya, ketika masuk kalian akan menemukan denah lantai terbuka, yang memungkinkan penghuninya bergerak bebas ke setiap ruangan tanpa ada gangguan.

Setelah mendaftarkan diri dan jika terpilih hal yang harus kalian lakukan sebagai balasannya adalah memberikan feedback kalian selama menempati rumah ini, sehingga tim riset dari perusahaan tersebut dapat memperbaiki desain jika ada keluhan yang disampaikan.

Apa kalian berminat mendaftarkan diri untuk mencoba tinggal di sini?

3. Rumah bambu yang minimalis dan modern

Pada rumah bambu yang dirancang oleh Hearth Architects dengan lokasi pembuatan yang luas dan terbuka ini para arsitek melihat kesempatan untuk mengembangkan bangunan satu lantai unik yang memenuhi kebutuhan para anggota keluarga minimalis.

Kojyogaoka House adalah salah satu contoh utama mengapa arsitektur Jepang membawakannya ke dunia dengan banyak impian. Estetika bersih dan minimalis yang fungsional dan struktural sangat lekat dengan konsep rumah ini dengan memanfaatkan atap miring di dua arah yaitu utara dan selatan, yang berukuran besar dan meminimalkan jumlah dinding interior.

Arsiteknya mampu menciptakan denah ruang terbuka yang menciptakan arus di sepanjang lantai dasar, kemudian memiliki ruang udara sehingga membuat banyak cahaya yang memasuki seisi ruangan. Balok kayunya pun dibuat mengimbangi struktur beton yang memberikan nuansa estetika organik di rumah ini. Walaupun hanya memiliki luas sekitar 129 meter persegi namun rumah ini terasa lapang dan tidak terbatas.

Jadi, rumah dengan desain minimalis manakah yang kalian suka