Share on
Jepang adalah negara yang kaya akan budaya. Budaya dan tata krama tradisionalnya senantiasa berguna untuk menjadga ketertiban dan keselarasan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada saat pergi ke minimarket Jepang. Meskipun minimarket di Indonesia juga menjamur, seringkali kita acuh dan tidak terlalu memperhatikan tata krama saat berbelanja. Berbeda dengan di Jepang, ada baiknya apabila mengetahui beberapa sikap yang baik dalam berbelanja di minimarket. Salah satu pengguna Twitter di Jepang bernama Yoshiko memiliki pekerjaan sebagai kasir. Dia menggunakan platform SNS ini untuk meminta agar para pembeli memerhatikan ke-5 hal yang dapat membantu membutuhkan pekerjaan para kasir.
Jadi apa saja isinya?
1. Tolong buka lipatan uang kalian
Seringkali kita melipat uang di dalam saku dan memberikannya langsung ke kasir. Sebaiknya uang tersebut kita serahkan tanpa lipatan agar proses pembayaran dapat berlangsung lebih cepat.
2. Jangan melemparkan koin, ini bukan kuil
Melemparkan koin adalah hal yang kurang sopan, berbeda apabila kalian mengunjungi kuil untuk berdoa. Meja asir biasanya memiliki nampan khusus yang digunakan untuk menyimpan uang. Jadi kita dapat meletakannya dengan mudah di nampan tersebut.
3. Letakan kartu poin di atas uang
Untuk memudahkan proses pembayaran dan pemberian poin, sebaiknya kartu poin diletakan di atas uang. Karena poin biasanya dimasukan pada saat sebelum mereka memasukan uang ke mesin pembayaran.
4. Jangan merebut uang kembalian dari tangan kasir
Kita tidak perlu khawatir apabila kasir akan mencuri uang kita. Biasanya kasir di Jepang akan menyimpan uang kembalian ke nampan dan kalian tidak perlu dengan kasar mengambilnya langsung dari tangan pegawai.
5. Mereka juga manusia layaknya pelanggan
Meski Jepang memiliki istilah tamu adalah tuhan, tapi pegawainya pun bukan berarti seorang budak. So, sebagai pelanggan dan pembeli yang baik alangkah baiknya apabila kita saling menghormati.

(featured image: Nifty)