Share on

Keberadaan Oshiya (secara harfiah berarti "pendorong") merupakan hal yang sangat penting ketika jam sibuk kereta Tokyo berlangsung. Oshiya merupakan pegawai operator kereta api yang bertugas untuk mendorong penumpang masuk kedalam gerbong dengan harapan dapat memasukan orang sebanyak mungkin sebelum kereta berangkat.

Memang semuanya dilakukan dengan penuh kesopanan ala Jepang, dimana para pegawai tersebut berbicara dengan kosakata hormat dan mengenakan sarung tangan putih bersih pada saat mereka mendorong para penumpang masuk. Namun tetap saja, melihat seorang profesional mendorong segelintir umat manusia masuk ke dalam kereta adalah pemandangan yang cukup mencengangkan dan semakin mengejutkan saat kalian melihat oshiya tersebut bukan hanya 1 orang saja.

Pengguna Twitter Jepang @jpn_darkside berbagi video pendek  yang menunjukkan kesibukan kereta jalur Sobu di pagi hari. Kereta ini menghubungkan Chiba dan Stasiun Tokyo. Video ini menunjukan sebuah perjuangan besar para penumpang yang terburu-buru dan para oshiya yang berusaha keras membantu mereka masuk tanpa menyebabkan kereta terlambat.

Dalam video tersebut kita dapat melihat satu pendorong saja tidak cukup untuk mendorong penumpang masuk ke gerbong. Sehingga beberapa saat kemudian dua pendorong lain bekerja sama untuk memasukan para penumpang masuk ke dalam.

Mungkin dengan usaha keras para oshiya seluruh penumpang bisa masuk, tapi apakah kalian bisa bayangkan apabila banyak orang yang terluka karena didorong paksa dan terkena sikut atau pun tertekan karena dorongan keras tersebut? Bukan hanya penumpang, para pendorong itu pun akan mengalami cedera dibagian badannya, dimana dia melakukan usaha seluruh tenaga.

Hidup di Jepang memang tidak mudah. Apabila kalian tinggal di sana terutama di Tokyo, mungkin pemandangan ini akan saksikan atau bahkan kalian alami sehari-hari.

(featured image : share-ranking.com)