Share on

Bepergian di Jepang itu mudah. Dengan sistem transportasinya yang praktis, kamu hanya perlu pergi ke stasiun kereta untuk mengelilingi seluruh Jepang. Tetapi, banyak orang yang masih kesulitan naik kereta di Jepang atau mengalami kesialan dan masalah. Seperti terlambat naik ke kereta, ketidur di dalam kereta, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa kesialan dan masalah yang paling umum ditemui saat naik kereta di Jepang dan cara mengatasinya!

Advertise With Us

1.       Ketinggalan Kereta

Kereta di Jepang
Stasiun Kereta di Jepang (pakutaso.com)

Jika kamu merasa sering terlambat untuk naik ke kereta, ada cara untuk mengatasinya. Seperti yang diketahui semua orang, kereta di Jepang tiba dan meninggalkan stasiun tepat pada waktu yang telah dijadwalkan. Karena itu, kamu perlu mencatat atau mengambil foto jadwal kedatangan kereta yang terdapat di peron stasiun. Namun perlu diperhatikan, sering kali ada dua papan buletin untuk jadwal kedatangan kereta yang dipasang di peron, satu menunjukkan jadwal untuk hari kerja dan yang satu lagi adalah jadwal untuk akhir pekan.

2.       Bingung Harus Pergi ke Platform Mana

Kereta di Jepang
Stasiun Kereta di Jepang (pakutaso.com)

Jika kamu tidak tahu harus pergi ke platform mana, periksa papan nama yang terpasang di langit-langit stasiun untuk melihat ke mana tujuan kereta. Selalu periksa shuuten (perhentian terakhir), dan pastikan bahwa kereta melewati stasiun yang kamu tuju. Atau, jika masih kebingungan, kamu bisa meminta bantuan staf stasiun atau sesama penumpang.

3.       Kereta Pergi ke Arah yang Berlawanan

Kereta di Jepang
Bagian dalam kereta di Jepang (pakutaso.com)

Jika kereta pergi ke arah yang berlawanan dari arah tujuan, untuk menghemat uang dan waktu, yang perlu kamu lakukan adalah turun dari kereta dan pergi ke platform lain yang berlawanan dengan kereta yang menuju ke mana kamu ingin pergi. Jangan turun di stasiun atau setelah melewati gerbang tol, karena kamu akan memerlukan tiket lain untuk melewati gerbang tol dan akan dikenakan biaya.

4.       Bingung Harus Naik Kereta Mana

Kereta di Jepang
Kereta di Jepang (tsunagujapan.com)

Kereta di Jepang memiliki jenis yang berbeda-beda, ada kereta lokal, kereta cepat, dan kereta ekspres. Kereta lokal adalah jenis yang paling umum dan berhenti di setiap stasiun. Kereta cepat lebih cepat dari kereta lokal tetapi tidak berhenti di setiap stasiun. Kereta ekspres sedikit lebih cepat dari kereta cepat dan hanya berhenti di beberapa stasiun. Untuk mengetahui jenis kereta mana yang harus kamu naiki, periksa papan buletinnya dan lihat apakah kereta berhenti di stasiun tujuan kamu. Ingat untuk selalu mendengarkan pengumuman di stasiun dan di dalam kereta.

5.       Ketiduran Sampai Tujuan Terlewat

orang Jepang tidur di kereta japanesestation.com
Ilustrasi tidur di kereta (pakutaso.com)

Jika kamu ketiduran dan melewatkan perhentianmu, seperti pada poin ketiga, kamu hanya perlu pergi ke platform yang berlawanan dan naik kereta lagi, kembali ke tujuanmu.