Share on

Mengemudikan kendaraan bermotor memang membutuhkan keahlian khusus dan konsentrasi yang tinggi. Salah-salah sedikit aja, fatal akibatnya. Selain bisa mencelakakan diri sendiri, orang lain pun bisa terkena imbasnya. Begitu juga dengan para warga lanjut usia di Jepang yang beberapa waktu terakhir banyak sekali terlibat kecelakaan kendaraan bermotor.

Warga Lanjut Usia di Jepang Diberikan Penghargaan Bagi yang Pensiun Mengemudi
image: twitter.com/yuruhuwa_rikusi

Tidak diketahui kenapa orang-orang yang telah berumur ini selalu terlibat, namun selalu ada kecelakaan fatal yang terjadi. Menanggapi isu yang sedang hangat ini, dinas kepolisian Jepang mengeluarkan sebuah agenda khusus untuk para warga lanjut usia di Jepang.

jepang-berikan-penghargaan-untuk-warga-lanjut-usia-yang-pensiun-mengemudi-2

Tokyo Metropolitan Police dan semua departemen di Jepang sedang menggalakkan program Driving Graduation Certificate yang ditujukan untuk orang-orang lanjut usia. Mereka melakukan pendekatan yang sopan agar para warga lanjut usia mau menyerahkan Surat Izin Mengemudi mereka. Untuk setiap SIM yang diserahkan kembali kepada dinas kepolisian, mereka mendapat sebuah kartu Sertifikat Kelulusan Berkendara.

jepang-berikan-penghargaan-untuk-warga-lanjut-usia-yang-pensiun-mengemudi-3

Kartu yang berbentuk seperti SIM ini memiki banyak manfaat. Selain bisa mendapatkan diskon di berbagai toko, pemilik juga akan diberikan diskon 50% untuk bus dan monorel. Untuk taksi akan diberikan diskon 10%.

jepang-berikan-penghargaan-untuk-warga-lanjut-usia-yang-pensiun-mengemudi-1

Dengan kebijakan yang sangat sopan ini, para orang tua tentunya tidak akan merasa tersinggung untuk menyerahkan SIM mereka dan mulai menggunakan kendaraan umum. Jalanan pun akan lebih aman dan lingkungan menjadi lebih baik. Sekali lagi sebuah langkah yang patut dicontoh dari Jepang untuk negara-negara lain.