Share on

Sepasang mangga Jepang premium dari Prefektur Miyazaki menghasilkan ¥ 400.000 atau sebesar 41 juta rupiah pada lelang grosir pertama musim ini, Senin. Mangga Jepang berkualitas tinggi ini bermerek Taiyo no Tamago (Telur Matahari). Menurut Federasi Ekonomi Pertanian Miyazaki, mangga harus dinilai terlebih dahulu sebelum mereka diberikan kualifikasi. Mereka harus memiliki berat lebih dari 350 gram, memiliki kadar gula yang tinggi dan memiliki warna merah cerah yang menutupi lebih dari setengah kulit.

Advertise With Us

Pasangan mangga termahal tersebut dibungkus dalam sebuah wadah dan memiliki bobot sekitar 1 kilogram secara total. Rencananya buah ini akan dijual di sebuah department store di kota Fukuoka.

Lelang berlangsung di pasar grosir di kota Miyazaki. Harga rekor tersebut sebenarnya telah ditetapkan tahun lalu. Bersamaan dengan perayaan ulang tahun merek Taiyo no Tamago ke 20 pada tahun ini, Wakil Gubernur Miyazaki bernama Yukitoshi Gunji berjanji melanjutkan upaya prefektur untuk mempromosikan buah mangga tersebut secara global.

"Buah mangga ini telah tumbuh menjadi sebuah imej penting bagi Miyazaki. Bahkan buah ini telah digunakan sebagai bahan memasak di Konferensi Tingkat Tinggi Ise-Shima dua tahun lalu," kata Gunji. "Kami ingin terus mempromosikannya kepada dunia."

Federasi mengharapkan pengiriman dari petani musim ini akan mencapai puncaknya antara pertengahan bulan Mei dan bulan Juni.

(featured image : Japan Times)