Share on

Visa jadi salah satu syarat yang harus dimiliki turis jika ingin liburan ke negara lain, termasuk Jepang. Untuk turis yang ingin liburan ke Negeri Matahari Terbit ini, ikuti 6 tips berikut.

Advertise With Us

visa-jepang (1) Dihimpun detikTravel, Rabu (28/5/2014) inilah 6 tips membuat visa liburan ke Jepang: 1. Siapkan paspor Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan paspor. Paspor adalah identitas penting yang diperlukan setiap warga negara jika ingin keluar negeri. Jika tidak memiliki paspor, maka Anda tidak bisa ke luar negeri. Paspor punya masa berlaku minimal 6 bulan. 2. Download formulir Setelah menyiapkan paspor, isilah formulir pengajuan visa. Formulir ini bisa turis dapatkan dari situs resmi Kedubes Jepang. Download dan isilah sesuai dengan perintah yang diberikan. 3. Siapkan foto 4,5x4,5 cm

Untuk foto, pengajuan visa Jepang meminta wisatawan untuk menyerahkan foto berlatar putih. Ukurannya pun cukup berbeda, yakni 4,5 x 4,5 cm. 4. Siapkan berkas yang dibutuhkan Selain foto, formulir dan paspor, masih ada berkas lain yang perlu disiapkan. Beberapa berkas tersebut antara lain fotokopi KTP atau fotokopi KTM, fotokopi bukti pesan tiket, fotokopi KK, fotokopi akta lahir, fotokopi surat nikah. Selain itu, Anda juga diminta untuk melampirkan fotokopi bukti keuangan 3 bulan terakhir, bukti booking hotel. Untuk Anda yang bekerja, surat pernyataan dari kantor juga diminta untuk pengajuan visa ke Jepang. 5. Itinerary Kedubes Jepang juga meminta turis yang ingin mengajukan visa untuk melampirkan itinerary selama di Jepang. Formulir itinerary pun telah disediakan di website Kedubes Jepang. 6. Siapkan biaya Baik mengurus visa langsung ke Kedubes Jepang ataupun lewat bantuan travel agent, siapkan uang untuk biaya pengurusan visa. Biaya langsung dan bantuan dengan travel agent berbeda.