Share on

Sastrawan Jepang Haruki Murakami telah meminta penarikan nominasi dirinya dari nominasi penghargaan pengganti Penghargaan Nobel bidang Sastra, yang tahun ini ditunda karena adanya skandal, dikarenakan dirinya ingin berkonsentrasi menulis.

Advertise With Us

Sebagai salah satu sastrawan paling terkenal Jepang di luar negara tersebut, kemungkinan Murakami mendapat penghargaan Nobel menjadi perhatian tahunan di negara tersebut.

Pihak penyelenggara New Academy Prize in Literature mengungkapkan bahwa Murakami menghaturkan terimakasihnya atas nominasi tersebut, namun menyatakan bahwa ia ingin “berkonsentrasi menulis, jauh dari pengawasan media”, saat mengumumkan pengunduan diri tersebut.

Penghargaan pengganti ini dibuat oleh sekelompok figur budaya Swedia setelah Penghargaan Nobel Sastra tahun ini ditunda dikarenakan adanya skandal seks di Swedish Academy, yang menghadiahkan penghargaan Nobel Sastra sejak 1901.

Tokoh lain yang menjadi nominasi penghargaan pengganti ini adalah penulis kelahiran Inggris Neil Gaiman, penulis kelahiran Guadeloupe Maryse Conde, dan penulis kelahiran Vietnam Kim Thuy.

Pemenang penghargaan pengganti ini akan diumumkan Oktober mendatang.

(Featured image: Japan Times)