Share on

Bandara Narita di Chiba, dekat Tokyo menutup salah satu dari dua landasan pacunya selama berjam-jam pada hari Senin (30/7/18) setelah pesawat Air Canada memasuki taxiway yang salah pada saat kedatangannya.

Advertise With Us

Butuh lebih dari lima jam sampai para penumpang mulai turun dari pesawat Boeing 787 dari Bandara Internasional Montreal-Trudeau, yang keliru memasuki taxiway yang masih dalam pembangunan dan berhenti di sana sekitar jam 3.45 sore JST.

Pesawat itu membawa sekitar 210 penumpang dan anggota awak, menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang. Di antara para penumpang ada anggota tim hoki bawah laut pria nasional Jepang, kembali ke tanah airnya setelah mengambil bagian dalam kejuaraan dunia di Kanada.

"Saya khawatir karena pengumuman dalam penerbangan itu sulit dipahami dan tidak jelas kapan masalah tersebut akan berakhir," kata pelatih tim, Kazuhiko Saito.

Bandara Narita Menutup Satu Jalur Landasan Ketika Ada Pesawat Memasuki Taxiway Yang Salah
Source : https://www.airlive.net/alert-tokyo-narita-airport-shuts-runway-as-air-canada-dreamliner-enters-wrong-taxiway/

Pesawat itu terdampar di taxiway yang berada di dekat landasan B bandara Narita. Pesawat itu kemudian diderek oleh kendaraan setelah sebelumnya lembaran baja ditempatkan di permukaan jalan yang kasar.

Karena penutupan itu, Jetstar Jepang membatalkan enam penerbangan domestik sementara pendaratan beberapa pesawat terpaksa dialihkan ke berbagai bandara lain, menurut operator bandara Narita. Landasan di bandara tersebut kembali beroperasi sekitar jam 10 malam.

Featured image : Japan Today