Share on

Jepang terkenal dengan makanan-makanan dan hidangannya yang beraneka ragam. Setiap musimnya, banyak sekali makanan-makanan khas yang membuat orang-orang ingin menyantapnya. Memasuki bulan Oktober, Jepang mulai berganti menjadi musim gugur, dan makanan-makanan khas musim gugur mulai disajikan di banyak restoran. Apa saja makanan-makanan khas musim gugur di Jepang tersebut?

Advertise With Us

Momiji Manju

Momiji manju merupakan sebuah kue berisi kacang merah yang berbentuk seperti daun mapel, sesuai dengan namanya yaitu Momiji (daun mapel) dan manju (kue berisi kacang merah). Manju ini biasa mulai ditemukan di toko-toko pada saat musim gugur.

Manisan buah kesemek kering

Dikenal dengan nama hoshigaki, makanan ini dibuat dengan cara mengerikan buah kesemek. Makanan ini biasa digunakan untuk membuat wine atau dessert-dessert lainnya.

Sanma

Sanma merupakan ikan sauri pasifik, ikan ini biasanya dibakar dan sangat cocok dimakan bersama dengan nasi hangat dan ubi jalar.

sanma ikan sauri pasifik
Sanma atau yang dikenal dengan nama ikan sauri pasifik (sumber: Fun! Japan)

Yakiimo

Yakiimo, atau yang kita kenal dengan nama ubi jalar bakar, merupakan salah satu makanan yang cukup populer selama musim gugur.

Yakiimo atau ubi jalar bakar

Oden

Oden merupakan camilan yang biasanya disiram dengan kuah panas yang dapat membuatmu merasa hangat. Ada banyak pilihan topping/isi untuk oden, dan makanan ini dapat ditemukan dimana saja, kamu juga bisa membuatnya di rumah sendiri.

Jamur Matsutake

Jamur matsutake ini merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer dan sangat cocok untuk dimakan pada saat musim gugur. Biasanya, jamur matsutake ini dapat diolah menjadi nasi matsutake (jamur dipanggang kemudian ditanak bersama nasi) atau sebagai campuran sup dobinmushi.

Jamur Matsutake

Nah, di antara makanan-makanan di atas, yang mana yang menjadi favoritmu?