Share on

Teman-teman pembaca JS mungkin gak asing dengan nama Daiso kan? Itu lho, toko asal Jepang yang menjual barang berkualitas dengan satu harga dan murah. Nah, di negeri asalnya, Daiso Japan dikenal sebagai toko serba 100 yen paling terkenal di Jepang dan menyediakan berbagai macam barang unik dan quirky. Nah, pernah berpikir gak kenapa sih barang yang dijual di Daiso memiliki harga yang murah? Untuk mengetahuinya, yuk kita menguak 3 rahasia Daiso, toko serba 100 yen asal Jepang!

Advertise With Us

1. Sekitar 230.000 Orang Berbelanja di Daiso Setiap Jamnya

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Daiso (livejapan.com)

Daiso menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi hanya dengan 100 yen saja. Mengapa bisa? Jawabannya: ekspansi global! Ya, kini toko serba 100 yen ini telah memiliki lebih dari 5.000 cabang di seluruh dunia. Hal inilah yang menyebabkan Daiso dapat menjual barang dengan harga murah, dan memberli barang dengan jumlah banyak memang menjaga harga tetap murah kan?.

Per Oktober 2017, Daiso telah memiliki 3.150 toko di Jepang dan sekitar 1.900 toko di belahan dunia lain. Kini, Daiso dapat ditemukan di 26 negara di Asia, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Timur Tengah, dan Oceania. Setiap tahunnya, sekitar 1 juta orang berbelanja di Daiso di seluruh dunia, yang artinya, menghasilkan 2,3 juta orang per hari dan 23.000 orang per jam!  

2. Enam Belas Tokyo Dome Bisa Masuk ke Gudang Daiso?!

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Gudang Daiso (livejapan.com)

Tentunya, Daiso Japan memiliki jaringan logistik mandiri yang besar untuk mengirimkan semua produk Daiso ke toko-toko di Jepang dan belahan dunia lain denan cepat, akurat, dan aman. Di Jepang sendiri, sudah ada delapan pusat distribusi regional, termasuk yang terbesar di Jepang, dan ada juga 16 buah pusat distribusi di luar Jepang yang juga berperan sebagai pabrik.

Daiso juga memiliki gudang otomatis yang sangat mereka banggakan. Di dalamnya, ada crane otomatis yang bergerak otomatis mengambil barang-baramg. Setelah diambil, produk tersebut akan disortir di sebuah kotak sortir dengan kecepatan 4,8km/h! Alat ini dapat menyortir produk untuk sekitar 150-2000 toko di saat yang sama, canggih kan?

Gudang ini sangat luas dengan total 800.000 meter persegi,  dapat menampung Tokyo Dome sebanyak 16 kali!

3. Apa Saja Produk “Khusus Jepang” Daiso?

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Produk Daiso yang hanya ada di Jepang (livejapan.com)

Daiso memiliki 15 kategori produk. Nah, di antara kategori ini, ada beberapa produk yang hanya tersedia di Jepang dan tidak akan kamu temukan di cabang Daiso di negara lain. Apa saja?

Dompet Ikan Mas Warna-warni.

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Dompet Ikan Mas Warna-warni. (livejapan.com)

Dompet yang manis ini menggabungkan estektika tradisional Jepang dengan desain ikan mas yang imut! Saat ditutup, ukurannya menjadi sekitar 14,5cm × 14,5 cm. Motif bunga asal Jepang menghiasi bagian punggung ikan,  ementara bagian kepala dan ekornya terbuat dari sulaman cantik di atas kain krep.

Solar Series: White Lucky Cat

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Solar Series: White Lucky Cat (livejapan.com)

Teman mungilmu ini benar-benar pas digenggam di tanganmu! Saat kucing imut ini mulai menggerakan kakinya ke atas dan ke bawah, senyum akan otomatis terbentuk di wajahmu. Asyiknya lagi, tidak perlu baterai lho untuk membuat teman imut kita bergerak, ia bergerak dengan tenaga matahari! Jadi, taruhlah kucing keberuntungan ini di tempat yang terkena cahaya matahari dan siap-siap tersenyum bahagia! Di bawahnya juga ada double-sided tape lho, gak perlu takut jauh deh ditaruh di mana pun!

Penghapus Sushi

Daiso toko serba 100 yen japanesestation.com
Penghapus Sushi (livejapan.com)

Penghapus “lezat” ini benar-benar terlihat seperti sushi asli dan berpotensi membuat perutmu berbunyi. Dengan ukuran sekitar 2,5 cm, penghapus imut ini bisa jadi koleksi manis dan cocok untuk menghiasi tempat pensilmu. Kerennya lagi, penghapus ini bukan hanya imut, tapi tetap mempertahankan fungsinya sebagai penghapus. Hasilnya sangat bersih!

Nah, itulah 3 rahasia tentang Daiso, toko serba 100 yen asal Jepang! Sekarang, tahu kan kenapa harga produk di toko ini terjangkau?