Berita Jepang | Japanesestation.com

Di Jepang, musim semi dikenal sebagai shin seikatsu, atau musim “gaya hidup baru”.  Selain awal tahun sekolah, musim semi merupakan awal tahun bisnis di sebagian besar perusahaan Jepang. Satu kali dalam setiap tahun, banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan baru, yang berarti saat ini ada banyak anak muda yang pindah ke apartemen saat mereka mulai kuliah atau bekerja.

Di musim ini banyak orang yang mencari lifehacks, dan salah satu saran yang paling umum adalah mengunjungi toko 100 yen untuk mendapatkan peralatan rumah tangga yang diperlukan. Tentu barang yang dijual bukan barang mewah, tetapi jika kamu adalah seorang pelajar atau pekerja yang punya dompet pas-pasan, atau mungkin pendatang asing yang baru memulai kehidupan di Jepang, kamu mungkin membutuhkan toko ini. 

Mungkin kamu berpikir akan membeli banyak barang sekaligus di toko 100 yen, karena barang itu mudah rusak seperti barang-barang murah pada umumnya. Lalu saat kamu memiliki lebih banyak uang, kamu akan menggantinya dengan barang baru yang lebih kamu sukai. Namun, sebenarnya bagaimana kualitas dari barang seharga 100 yen?

Seseorang membeli cangkir kopi dari toko 100 yen Daiso. Setelah hampir dua dekade kemudian, cangkir seharga 100 yen itu ternyata masih bisa digunakan dan bertahan dengan baik.

Cangkir kopi Daiso seharga 100 yen
Cangkir kopi Daiso seharga 100 yen (soranews24.com)

Tidak hanya itu, Pengguna Twitter Jepang @0den_den_deden baru-baru ini membagikan foto cangkir miliknya dari toko 100 yen yang baru saja merayakan ulang tahun ke-10. Ternyata cangkir 100 yen lebih kuat dari yang diharapkan banyak orang!

Pengguna Twitter lain juga memiliki cerita serupa:

“Bukan hanya cangkir kopi saja. Semua peralatan makan keramik di toko 100 yen adalah barang berkualitas tinggi. ”
“Saya hanya orang yang menggunakan cangkir kopi dan gelas 100 yen yang sama selama lebih dari satu dekade.”
"Saya memiliki beberapa barang dari toko 100 yen. Awalnya barang-barang itu hanya direncanakan untuk digunakan sebentar, tetapi sekarang saya jadi menyukai dan tidak ingin membuang atau menggantinya."
“Suami saya dan saya membeli banyak piring 100 yen ketika kami menikah, berpikir mereka mungkin akan segera rusak. Empat belas tahun kemudian, kami masih menggunakannya. ”

Jadi, ketika kamu membeli cangkir kopi atau barang-barang lain di toko 100 yen, luangkanlah waktu untuk memilih barang yang benar-benar kamu sukai, karena mungkin barang itu akan bertahan jauh lebih lama dari yang kamu bayangkan!