SHARE THIS ARTICLE

Kyoto Handicraft CenterBerlibur ke Kyoto, Jepang tentu kurang lengkap jika belum membeli oleh-oleh khas kota cantik ini. Salah satu cara untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kyoto adalah dengan membeli aneka souvenir di toko-toko souvenir yang ada di setiap tempat wisata besar. Mengingat ada banyak tempat wisata di Kyoto, tentu cukup merepotkan jika Anda harus selalu membeli souvenir setiap berkunjung ke objek wisata tertentu.

Apalagi, kemungkinan besar Anda juga akan kesulitan dalam hal komunikasi karena Jepang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Lalu, di manakah tempat yang yang tepat untuk mendapatkan souvenir khas Kyoto?

Di Kyoto ada sebuah pusat kerajinan bernama Kyoto Handicraft Center yang berada di Sakyo. Sesuai dengan namanya, tempat ini khusus menjual berbagai macam produk kerajinan kas Kyoto dan Jepang. Pusat kerajinan ini telah dibuka sejak tahun 1967.

Menariknya, bangunan Handicraft Center ini terdiri atas 7 lantai. Anda tidak perlu repot-repot pindah lokasi karena hampir semua karya kerajinan tangan terkenal bisa dijumpai di sini.

Selain menawarkan kerajinan tangan yang lebih lengkap, tempat ini juga memiliki keunggulan tersendiri. Bahkan mereka berani menuliskan ‘more than a souvenir’ di brosurnya. Kelebihan yang pertama, Handicraft Center adalah toko bebas pajak dengan beberapa persyaratan khusus.

Untuk mendapatkan bebas pajak, Anda harus membawa passport dan berbelanja minimal 10.502 yen per toko. Penawaran ini tidak berlaku untuk pembelian film, makanan, kosmetik, baterai, dan tidak berlaku bagi warga asing yang tinggal di Jepang.

Kelebihan kedua dari craft center ini, Anda dapat berbelanja menggunakan berbagai mata uang asing, menerima traveler’s check, dan pembayaran dengan kartu kredit. Anda juga bisa menukar mata uang asing dengan Yen asalkan mata uang tersebut masuk dalam daftar.

Lebih menariknya lagi, Anda juga dapat mengirim barang yang sudah dibeli di craft center ini ke berbagai negara lain selama masuk dalam area yang dilayani Japan Post Office. Pasalnya, di sini sudah ada jasa pengiriman ke luar negeri.

Daya tarik lain dari Kyoto Handicraft Center adalah para stafnya yang fasih berbahasa Inggris. Kebanyakan staf di sini mampu berbahasa Inggris sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kendala bahasa.

Di craft center ini juga ada pusat informasi turis. Jadi sambil berjalan-jalan dan berbelanja, Anda dapat mencari info tentang tempat-tempat wisata menarik di Kyoto.

Handicraft Center memiliki banyak toko yang menjual berbagai kerajinan mulai dari lukisan, gantungan kunci, porselen, keramik, kimono, pedang, dan berbagai benda lainnya. Produk tersebut tersebar di berbagai lantai.

Di sini, Anda tidak hanya bisa berbelanja saja, tetapi juga dapat melihat bagaimana proses pembuatan kerajinan tangan melalui workshop yang diadakan di gedung ini. Anda juga bisa berpartisipasi untuk mencoba berbagai kerajinan tangan khas Jepang.

Jika ingin datang ke sini, Kyoto Handicraft Center terletak di 21 Entomicho Shogoin, Sakyo, Kyoto. Pusat kerajinan ini buka mulai pukul 11 siang sampai 6 sore dan tutup setiap tanggal 1 sd 3 Januari.

Source : yukpegi.com
COMMENT