SHARE THIS ARTICLE

japan-smartphoneJaringan sosial media telah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup manusia modern. Berbagai layanan jaringan sosial yang populer saat ini seperti Line, Facebook atau Twitter memberikan fitur dan pengalaman yang berbeda pada para penggunanya.

Baru-baru ini sebuah survei dilakukan di Jepang yang meminta responden untuk memilih jaringan sosial manakah yang paling sering digunakan dan paling baik (dalam berbagai aspek) menurut mereka.

Respondennya berjumlah 680 orang pria dan wanita dengan rentang umur 10 hingga 50 tahun. Survei dilakukan dengan cara responden memilih antara 3 besar jaringan sosial dengan pengguna terbesar di Jepang yaitu Line, Facebook dan Twitter.

Dan hasilnya adalah, Line memperoleh 40,4% suara, diikuti oleh Twitter  32,6% dan Facebook di tempat terakhir dengan 23,5%. Hampir 50% pengguna berusia 10-20 tahun memilih Twitter sebagai jaringan sosial favorit mereka, sementara itu 37% pengguna berusia 40 tahunan memilih Facebook sebagai jaringan sosial yang paling nyaman untuk mereka.

Sementara untuk kategori jaringan sosial yang paling sering digunakan untuk menghubungi orang, Line kembali menempati peringkat pertama dengan 71,8% dari total suara. Yang menarik adalah 91,8% pengguna berusia 10-20 tahun memilih Line sebagai jaringan sosial yang sering digunakan untuk menghubungi orang lain karena kecepatannya dan kemudahannya. Menurut mereka kemudahan menghubungi orang lain dengan fitur olah pesan yang cepat jauh lebih dibutuhkan mereka daripada fitur seperti update teks yang menunjukan mereka di mana atau sedang melakukan apa, ataupun slideshow yang menunjukan foto-foto mereka yang telah lalu. Keterangan mereka mengacu pada fitur update status dan tweet dari facebook dan twiter. Sementara Facebook sendiri dengan berbagai fitur olah pesannya seperti chat ataupun tab ‘tag‘ mendapat suara sebanyak 14%.

Masyarakat Jepang dikenal cukup berhati-hati dengan masalah privasi. Berbagai fitur di jaringan sosial tetap membuat orang Jepang tak sembarangan mengumbar provasi mereka. Lalu, jaringan sosial manakah yang paling membuat orang Jepang merasa khawatir? Facebook sukses mendapat tempat pertama di sini. Masalah keamanan privasi pengguna memang telah menjadi masalah klasik Facebook sejak lama, begitu pula di Jepang. Facebook memperoleh 59,5% dari total suara.

Lalu yang terakhir adalah, jaringan sosial manakah yang ‘akan menjadi masalah jika itu tak dapat diakses’ bagi masyarakat Jepang? Lagi-lagi Line menempati peringkat pertama dengan 49% suara, kedua adalah Twitter dengan 18,7% serta Facebook 17,8% . Dengan demikian kesimpulan dari survei ini adalah masyarakat Jepang tak terlalu peduli dengan apa yang sedang orang lain kerjakan, atau berbagi link artikel suatu peristiwa, hal simpel yang mereka sukai adalah layanan olah pesan yang mudah dan cepat untuk menghubungi orang-orang dekat mereka.

Source: japantoday.com

Source : japantoday.com
COMMENT