Share on

Memasuki bulan Desember biasanya identik dengan peralihan cuaca yang cukup dingin bahkan di beberapa belahan dunia seperti Jepang bulan ini sudah memasuki periode musim dingin.

Memiliki empat musim, Jepang menjadi salah satu negara yang sering direkomendasikan sebagai tujuan wisata sepanjang tahun. Dengan jenis cuaca yang berbeda-beda menciptakan sebuah sensasi yang berbeda pula ketika menghabiskan waktu untuk berlibun di sepanjang tahun.

Musim dingin pun identik dengan wisata-wisata yang menyajikan kenyamanan ragawi, seperti toko dan restoran yang menyajikan hidangan-hidangan panas untuk menghangatkan badan hingga tempat pemandian air panas yang biasa disebut dengan Onsen.

Nah untuk kalian yang berencana berkunjung ke Jepang di akhir tahun ini kami rekomendasikan tempat onsen yang nyaman untuk dikunjungi ketika musim dingin berlangsung:

  1. Beppu Onsen, Prefektur Oita
Rekomendasi Onsen Terbaik Untuk Melengkapi Musim Dingin di jepang
(salah satu onsen beppu, sumber: matcha jp)

Oita menjadi salah satu wilayah yang berada di bagian selatan Jepang, disini terdapat salah satu pemandian air panas terkenal yakni Beppu Onsen. Di sini kalian akan menemukan banyak sekali jenis pemandian air panas, salah satu yang terkenal adalah pemandian yang menggunakan pasir dimana kalian akan dikubur mulai dari ujung leher hingga ujung kaki menggunakan pasir yang dipanaskn secara alami.

Terdapat delapan jenis sumber air panas yang menjadi pemasok untuk pemandian yang ada di Beppu.

  1. Dogo Onsen, Prefektur Ehime
Rekomendasi Onsen Terbaik Untuk Melengkapi Musim Dingin di jepang
(salah satu dogo onsen, sumber: ana.co )

Dogo Onsen terletak di wilayah Shikoku, salah satu pulau yang berada di bagian barat Jepang. Tempat ini sebenarnya merupakan resor pemandian kecil, namun yang menjadikannya istimewa adalah salah satu sumber air panasnya menjadi yang tertua di Jepang. Selain itu keistimewaan lainnya adalah tempat ini menjadi salah satu yang disukai oleh keluarga kerajaan.

Dekat dari tempat ini kalian akan menemui tempat wisata lainnya seperti museum, taman, restoran dan kuil. Jadi sebelum kalian menikamti air panas kalian dapat berkeliling dulu untuk menjajal tempat wisata lainnya.

  1. Noboribetsu Onsen, Prefektur Hokkaido
Rekomendasi Onsen Terbaik Untuk Melengkapi Musim Dingin di jepang
(penampakan noboribetsu onsen, sumber: good Hokkaido)

Ini merupakan salah satu pemandian yang paling terkenal di wilayah Hokkaido. Letaknya yang berada di bagian paling selatan dari pulau paling utara Jepang yang mata airnya hanya ada satu di daerah yang bernama “Jigokudani”.

Aliran air panasnya mengalir sepanjang jalur pendakian, di sana kalian dapat menikmati air panas secara langsung dan menggunakannya untuk merendam kaki yang pegal setelah mendaki. Disini kalian akan merasakan sensasi yang langka dan berbeda ketika berkunjung ke Jepang.

Jenis air pemandian juga banyak macamnya, seperti pemandian belerang,pemandian garam dan pemandian besi. Kalian bisa memilih jenis pemandian yang kalian suka.

  1. Kusatsu Onsen, Prefektur Gunma
Rekomendasi Onsen Terbaik Untuk Melengkapi Musim Dingin di jepang
(penampakan kusatsu onsen sumber: Tokyo Cheapo)

Kusatsu onsen merupakan salah satu pemandian air panas yang populer, terletak di wilayah Tokyo Utara dekat pegunungan Gunma. Selain pemandian air panas, kalian juga dapat merasakan petualangan mendaki di musim panas dan bermain ski ketika musim dingin tiba.

Tempat ini disebut-sebut memiliki sumber air panas terbesar yang mengalir secara alami di seluruh Jepang dan airnya dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik. Jika kalian berkunjung kesini kalian dapat memilih pemandian umum, pribadi, terbuka atau pemandian untuk daerah kaki.

  1. Hakone Onsen, Prefektur Kanagawa
Rekomendasi Onsen Terbaik Untuk Melengkapi Musim Dingin di jepang
(salah satu Hakano onsen,  sumber: Hakonenavi)

Tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan lainnya yang berada di wilayah Tokyo. Kalian dapat menempuh perjalanan selama satu setengah jam mengunakan kereta ekspres.

Banyak pemandian di daerah ini yang menyajikan jenis pemandian yang tak biasa seperti pemandian susu kedelai dan cokelat. Kalian jangan khawatir jika pergi ke tempat ini untuk beberapa hari karena disekitartempat pemandian terdapat banyak pilihan penginapan yang sesuai dengan keinginan kalian.

Semua jenis pemandian air panas yang telah direkomendasikan sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata ketika musim dingin, tempat wisata yang berada disekitar onsen tersebut menjadi pelengkap ketika kalian hendak menghabiskan waktu liburan natal dan tahun baru.

Sudah punya pilihan onsen setelah membaca artikel ini? ^^/