Share on

Jepang tak hanya menyimpan segudang sejarah mengenai budayanya, disisi lain banyak hal yang bernilai historikal terdapat di tiap tempatnya yang berbeda. Tak terkecuali di Sendai, sebuah kota yang menjadi ibu kota Prefektur Miyagi ini terletak di bagian utara Jepang. Banyak terdapat situs bersejarah di Sendai, kota yang pernah mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi yang terjadi di tahun 2011. Selain itu, kota ini memiliki julukan sebagai “Kota Pohon” karena memiliki banyak jenis pohon zelkova di beberapa jalannya.

Jika musim panas tiba, kota ini akan mengadakan festival bernama ‘Festival Tanabata Sendai’ yang merupakan festival Tanabata terbesar di Jepang. Selain itu, kota ini juga memiliki berbagai situs sejarah yang kini dimanfaatkan untuk objek wisata yang cukup populer dikalangan wisatawan.

Berikut ini beberapa situs bersejarah di Sendai yang dapat kalian kunjungi, diantaranya adalah:

Kuil Osaki Hachimangu

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Osaki Hachimangu (gambar: japan-guide)

Kuil Osaki Hachimangu merupakan kuil Shinto yang terletak di Aoba-ku, Sendai Prefektur Miyagi. Bangunan utama kuil ini ditetapkan sebagai Harta Nasional Jepang.

Kuil ini dibangun antara tahun 1604 dan 1607 atas perintah Masamune Date daimyo yang terkenal dengan kekayaannya. Pekerja yang ditugaskan untuk membangun kuil ini berasal dari Kyoto.

Kuil ini sempat berganti nama menjadi Osaki Hachiman Jinja pada periode Meiji yang kemudian diubah kembali menjadi nama aslinya pada Juni 1997. Pada tanggal 22 November 1952, kuil ini ditetapkan sebagai Harta Nasional Negara Jepang.

Zuihoden

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Zuihoden (Gambar: japanvisitor)

Zuihoden merupakan mausoleum (situs/makam/monumen) untuk klan Date yang memerintah di Sendai. Pada tahun 1945 bangunan yang berada di lahan ini hancur berantakan. Kemudian bangunan-bangunan tersebut akhirnya dibangun kembali mengikuti gaya arsitektur aslinya. Disini terdapat juga museum dimana para pengunjung dapat menemukan hal-hal menarik mengenai makam dan hal lainnya mengenai klan Date yang telah digali.

Beberapa monument yang terdapat di sini ialah

Zuihoden

Sebuah bangunan yang dibangun oleh Masamune Date (1567-1636)  daimyo pertama wilayah Sendai.

Kansenden

Kansenden merupakan bangunan yang dibangun oleh Tadamune Date (1599-1658) daimyo kedua untuk wilayah Sendai. Bangunan ini sempat hancur ditahun 1945 dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1985.

Zennoden

Zennoen merupakan bangunan yang dibangun oleh Tsunamune Date (1640-1711) yang merupakan daimyo ketiga yang berkuasa di Sendai. Bangunan iini sempat mengalami kerusakan di tahun 1945 dan kembali dibangun di tahun 1985, bangunan ini juga mengalami perbaikan ulang di tahun 2007.

Okosamagobyo

Merupakan sebuah makam anak-anak dari para penguasa Date.

Jogi Nyorai (Kuil Saihoji)

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Jogi Nyorai (Kuil Saihoji) (Gambar: sendai-travel)

Kuil ini memiliki cerita menarik bagi para pengunjungnya. Mitosnya mengatakan, jika kalian mengunjungi kuil ini dan berdoa niscaya keinginan kalian akan dkabulkan, rumor juga mengatakan bahwa para dewa di kuil ini akan mengabulkan satu keinginan dalam hidup kalian.

Legenda ini berasal dari seseorang bernama Taira no Sadayoshi yang berlari untuk mencari perlindungan ke daerah ini dari perang dan memutuskan untuk mendirikan patung Buddha untuk mendoakan para korban perang.

Kastil Aoba

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Kastil Aoba (Gambar: gaijingojapan)

Kastil ini dibangun oleh pendiri Daimyo Sendai modern, Masamune Date. Kastil ini menjadi symbol kemakmuran Sendai. Untuk kastil aslinya sudah tidak ada lagi namun pengunjung masih bisa menikmati sisa-sisa sejarah dari puing bangunan yang berada di sekitarnya seperti patung Masamune Date yang menunggang kuda di dalam bangunannya. Selain itu tempat ini juga memiliki spot menarik untuk menyajikan suasana kota yang indah atau pemandangan Samudra Pasifik ketika cuaca sedang bagus.

Pabrik Penyulingan Nikka Whiskey di Miyagikyo

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Nikka Distillery (Gambar: japantravel)

Pabrik ini dibangun oleh pendiri Nikka Whiskey, Masataka Taketsuru pada tahun 1969 setelah bangunan pabrik pertamanya di Yoichi, Hokkaido. Air yang berasal dari Sungai Nikkawa membuat wiskinya lebih enak dan nikmat.

Museum Situs Tomizawa, Kota Sendai

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Museum Situs Tomizawa (Gambar: japantravel)

Museum ini melestarikan puing-puing Tomizawa yang berasal dari 20 ribu tahun yang lalu dan memamerkannya kepada publik. Selain mengelola museum, pihak dari museum sendiri secara aktif mengolah hutan yang telah lama dilupakan dan mengedukasi masyarakat mengenai hubungan alam dan manusia di masa lalu.

Museum kota Sendai

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Sendai City Museum (Gambar: tripadvisor)

Museum ini memamerkan beberapa peninggalan dari klan Date di Sendai, selain itu terdapat pula pameran dari misi bersejarah yang disebut Kedutaan Besar Keicho (perjalanan diplomasi ke Roma dan Spanyol). Terdapat pula patung Lu Xun yang merupakan salah satu tokoh yang hebat dalam sastra China modern.

Taman Situs Jomon, Kota Sendai

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Jomon (Gambar: spending-time-sendai)

Jomon merupakan salah satu masa prasejarah kepulauan Jepang yang dimulai sejak akhir jaman Pleistoosen hingga jaman Holosen. Di taman ini terdapat desa yang dibuat berdasarkan masa Jomon, disini juga terdapat berbagai aktivitas dengan pemandu yang disiapkan untuk para pengunjung, seperti menggunakan peralatan kuno untuk membuat pot tanah liat.

Arahama Cenotaph

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Arahama Cenotaph (Gambar: BBC)

Arahama Cenotaph merupakan situs patung Dewi Belas Kasih yang tingginya mencapai 9 meter. Patung ini dibangun dengan ketinggian yang sama dengan tsunami yang terjadi di wilayah ini pada tahun 2011 lalu.

Universitas Tohoku Kampus Katahira

10 Situs Bersejarah Terbaik yang Harus Kalian Datangi di Sendai
Universitas Tohoku (Gambar: uedayou)

Universitas Tohoku merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Sendai, dikatakan bahwa seorang tokoh terkemuka dalam sastra China Modern bernama Lu Xun datang jauh-jauh untuk belajar di fakultas kedokteran Universitas Tohoku selama satu setengah tahun. Didalam bangunannya sendiri terdapat patung Lu Xun yang berdiri dengan kokoh.

Nah, itulah beberapa situs bersejarah di Sendai yang populer dan wajib kalian kunjungi. Tertarik untuk menjelajahinya?

  Featured image: sendai-travel

Sumber: tsunagu-japan, Wikipedia