Share on

Kyoto Nightlife penuh dengan bar dan izakaya (kedai gaya Jepang) untuk menikmati beberapa minuman dan hidangan paling lezat di Jepang. Tapi makanan Jepang apa yang cocok dengan minuman apa? Apakah ada bir di izakaya? Berbekal sedikit pengetahuan lokal, kalian akan dapat lebih menikmati semua makanan. Kemana kalian akan pergi minum-minum di Kyoto malam ini? Biarkan JS membantu kalian menjawab pertanyaan itu dengan panduan praktis ke bar dan izakaya lokal terbaik di Kyoto! Sebagai bonus, kita akan memberi tahu beberapa kegiatan di malah hari yang mungkin bisa kalian kunjungi untuk meninggalkan semua bir dan makanan lezat itu!

Otoshi: Hidangan yang Tiba Tanpa Dipesan

Ketika kalian tiba di izakaya, hal pertama yang akan disajikan adalah hidangan pembuka kecil yang dikenal sebagai "otoshi". Harga makanan ini bervariasi, tergantung restorannya, tetapi otoshi biasanya antara 300 sampai 500 yen per orang, dan biasanya disajikan di awal makan tanpa dipesan.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Otoshi (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Otoshi berasal dari praktik keramahan dan keinginan untuk tidak membuat pelanggan menunggu sampai makanan yang mereka pesan tiba. Jika kalian tidak benar-benar tertarik untuk mencoba hidangan kecil ini, tanyakan kepada staf apakah mereka dapat memberikan kalian sesuatu yang lain, atau beri tahu mereka jika kalian lebih suka tidak memilikinya (perhatikan bahwa beberapa pemilik restoran mungkin masih membebankan biaya untuk otoshi meski tidak kalian makan). Kalian juga dapat menghubungi restoran terlebih dahulu untuk bertanya tentang otoshi sebelum tiba disana.

Dimulai dengan Bir! Tapi di Kyoto, Kita Bersulang dengan Sake

Ketika orang Jepang berkumpul untuk minum, mereka sering memesan minuman yang sama untuk permulaan agar orang lain tidak menunggu. Sudah biasa bagi orang kebanyakan untuk memulai dengan bir, yang membutuhkan waktu paling sedikit untuk menyiapkan. Kalian mungkin akan melihat sekelompok orang bersemangat untuk malam mereka dengan paduan suara, "To start wth, beer!" Bukan ide yang buruk untuk mencoba praktik izakaya ini sendiri!

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Kanpai! (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Namun, di Kyoto, penduduk setempat memulai dengan segelas sake Jepang. Untuk mengikuti sopan santun Kyoto Nightlife, cobalah mulai dengan rasa sake!

Item Menu Jepang Khas untuk Dipasangkan dengan Minuman

Kalian datang ke bar atau izakaya untuk bersenang-senang! Mulailah dengan hidangan pembuka salad atau sashimi, sesuatu dengan citarasa yang segar. Saat minuman kalian datang, cobalah memesan beberapa hidangan dengan rasa yang lebih berat: misalnya hidangan rebus, goreng, atau panggang adalah pilihan yang bagus. Tentu saja, minuman dan makanan terbaik akan bervariasi dari restoran ke restoran, dan kalian mungkin ingin mencoba semuanya. Untuk itu, pergilah ke apa yang orang Jepang sebut "niji-kai", atau "Ronde Kedua!"

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Fried Chicken (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)
 

Apa itu Shime yang Dimakan Setelah Minum?

Di Jepang, orang sering pergi ke izakaya tidak hanya untuk makan kenyang, tetapi untuk menikmati obrolan sambil minum. Setelah minum sedikit, kalian akan mulai ingin menenangkan perut dengan memiliki semacam hidangan berbahan dasar karbohidrat. Orang Jepang menyebut hidangan penutup ini sebagai shime, atau "tie-up" dalam Bahasa Inggris, yang sering kali terdiri dari nasi atau hidangan berbasis mie.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Ochazuke (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Hidangan shime khas di izakaya termasuk bubur nasi, ochazuke (nasi dengan teh panas dituangkan di atasnya), atau bola nasi panggang. Juga tidak aneh bagi orang untuk menindaklanjuti pesta malam dengan berpindah ke restoran ramen. Cara orang Jepang pergi makan mungkin sedikit berbeda dari di rumah, tetapi untuk mencoba Kyoto Nightlife, mengapa tidak mencoba makan seperti yang dilakukan penduduk setempat?

Beberapa pengunjung mungkin merasa sulit untuk memasuki izakaya Jepang yang sangat tradisional, tetapi tidak perlu khawatir. Izakaya adalah semacam bar, tetapi juga tempat untuk mencoba berbagai hidangan dengan harga yang wajar. Namun, banyak tempat mengizinkan merokok, sehingga izakaya mungkin bukan pilihan pertama bagi yang bukan perokok atau bagi mereka yang membawa anak-anak. Ketahuilah juga bahwa usia minum legal di Jepang adalah 20 tahun.

Gion Rumble

Jika kalian berjalan di sepanjang jalan beraspal Hanamikoji, kalian akan melihat pintu masuk ke kedai teh. Gion Rumble dibangun di salah satu sudut itu. Nikmati makanan sambil melihat-lihat taman di bagian dalam toko. Gion Rumble memiliki semua suasana Kyoto, dan para juru masak menyiapkan makanan yang lezat dengan sayuran Kyoto dan bahan musiman.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Gion Rumble (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Nama : Gion Rumble

Jam buka :

Makan siang 12:00 - 14:00

Makan malam 17:30 - 12:00 pagi

Hari penutupan : Rabu

Harga : mulai dari 6.000 yen

Alamat :

570-125, Gion-cho Minami-gawa, Higashiyama-ku, Kyoto-shi, Kyoto

570-125

Google Maps

Akses :

5 menit berjalan kaki dari Stasiun Keihan Gion-shijo

10 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Kawaramachi

Situs web (Jepang)

Info lainnya : pembayaran kartu kredit tersedia / area merokok terpisah / pemesanan lanjutan tersedia

BEER PUB ICHI-YA

ICHI-YA adalah pub bir yang diproduksi oleh Ichijoji Brewery Kyoto. Pub ini menyajikan bir kerajinan langsung dari Ichijo-ji Brewery, dan juga secara teratur menyajikan bir kerajinan dari seluruh Jepang. Datang dan cicipi berbagai rasa, dari yang manis seperti teh hitam, hingga bir dengan sedikit bumbu.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
BEER PUB ICHI-YA (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Nama : BEER PUB ICHI-YA

Harga : mulai dari 3.000 yen

Alamat :

1F, 384, Funaya-cho, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto

384 1F

Google Maps

Akses : 4 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Kawaramachi

Situs web (Jepang)

Info lainnya : buka sepanjang tahun / tersedia menu Bahasa Inggris / anak-anak dipersilahkan / pembayaran kartu kredit / dilarang merokok / reservasi

TEPPAN TAVERN TENAMONYA

Izakaya ini adalah tempat untuk santai menikmati makanan, tidak jauh dari Kuil Yasaka-jinja. Pemiliknya, pasangan yang dapat berbicara Bahasa Inggris, dikenal karena layanan pelanggan mereka, serta steak A5 wagyu Jepang (peringkat tertinggi) dengan harga terjangkau dan enak, serta okonomiyaki yang lembut.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
TEPPAN TAVERN TENAMONYA (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Nama : TEPPAN TAVERN TENAMONYA

Jam buka : 17:00 - 11:00 sore

Hari penutupan : Kamis

Harga : dari 2.000 yen

Alamat :

B1F, Hiro Bldg., 537-2, Gion-cho Minami-gawa, Higashiyama-ku, Kyoto-shi, Kyoto

537-2 B1F

Google Maps

Akses : 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Hankyu Kawaramachi dan Stasiun Keihan Gion-shijo

Situs web (Bahasa Inggris)

Info lainnya : tersedia menu Inggris & Cina / anak-anak dipersilahkan / tersedia pembayaran dengan kartu kredit / tidak merokok / pemesanan di muka

Kyoto Gatten Tempura Pub

Nikmati daging, makanan laut, dan tempura sayuran, serta sashimi dan hidangan panggang yang disiapkan dalam porsi kecil di depan mata. Gatten menawarkan makanan standar, bir, sake Jepang, dan bir matcha asli Gatten sendiri dengan sentuhan Kyoto. Interior restoran yang luas untuk pengalaman bersantap yang nyaman.

Kyoto Nightlife: Bar Lokal dan Tempat Menarik di Malam Hari!
Kyoto Gatten Tempura Pub (https://www.tsunagujapan.com/kyoto-nightlife-local-bars-and-nighttime-strolls-to-enjoy/)

Nama : Kyoto Gatten Tempura Pub

Jam buka :

(Senin - Kamis) 11:30 - 15:00 / 17:00 - 11:00 (Makanan L. 10:30, Minuman L. 10:10)

(Jumat, Hari Sebelum Libur Nasional) 11:30 - 15:00 / 17:00 - 12:00 (Makanan L.O.:11:30 malam, Minuman L.O. 11:45)

Sabtu: 11:30 - 12:00 (Makanan L.O: 11:30, Minuman L.O. 11:45)

Minggu, Hari Libur Nasional: 11:30 - 11:00 malam (Makanan L.O .: 10:30, Minuman L.O. 10:45)

Harga : mulai dari 2.000 yen

Alamat :

170, Kashiwaya-cho, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto

170

Google Maps

Akses : berjalan kaki 2 menit dari Stasiun Keihan Gion-shijo dan Stasiun Hankyu Kawaramachi

Situs web (Jepang)

Inormasi lainnya : buka sepanjang tahun / tersedia menu Bahasa Inggris / pembayaran kartu kredit tersedia / benar-benar bebas rokok / pemesanan di muka tersedia

Tempat Terbaik untuk Merasakan Suasana Kyoto Nightlife

Toko-toko cenderung tutup pada dini hari di Jepang, tetapi di Kyoto, banyak kuil mengadakan light-up events khusus selama musim gugur dan musim bunga sakura, serta membuka pintu mereka untuk pembukaan malam khusus! Selalu ada acara yang diadakan di suatu tempat di Kyoto, jadi kalian akan memiliki banyak kesempatan untuk menikmati Kyoto di malam hari!

  • Januari: Hatsu-mode (Kunjungan Kuil Pertama atau Kuil Tahun Ini)
  • Februari: Festival Setsubun
  • Maret: Higashiyama Hanatouro
  • Maret-April: Lampu bunga sakura
  • Mei: Noryo Yuka Riverside Dining
  • Juni: Ritual Pemurnian Musim Panas
  • Juli: Festival Gion
  • Agustus: Festival Bintang Tanabata, Festival Jalan Api, Kebakaran Ritual Gozan-no-Okuribi, Festival Lampion Manto-e, Festival Rokusai Nenbutsu, dll.
  • September: Perayaan menonton bulan
  • Oktober - Desember: Cahaya daun musim gugur, Festival Api Kurama
  • Desember: Arashiyama Hanatouro