Share on

Pada artikel JS sebelumnya, 5 Samurai Paling Terkenal di Jepang, JS sempat menyinggung tentang Oda Nobunaga kan? Ya, ia adalah samurai yang terkenal dengan jasanya yang berhasil menyatukan Jepang. Nah, teman-teman JS kira-kira tahu gak nih di mana markas utama Oda Nobunaga dalam menjalankan misinya menyatukan Jepang? Tempat itu adalah Kota Gifu, tepatnya di Kastil Gifu. Nah, gak cuma kastil bersejarah ini, masih ada tempat-tempat lain lho yang wajib dikunjungi. Apa aja,nih? Untuk mengetahuinya, mari kita simak daftar 5 tempat yang wajib dikunjungi di Gifu, Jepang di bawah ini! 

Advertise With Us

1. Gifu Shohoji Daibutsu (Great Buddha of Gifu

tempat wajib Gifu Jepang japanesestation.com
Great Buddha of Gifu (Flickr: Tomo)

The Great Buddha of Gifu di Kuil Shohoji adalah salah satu dari "Tiga Patung Besar Buddha" Jepang bersama dengan Great Buddha of Kamakura dan Todaiji di Nara. Patung ini memiliki desain unik, dengan permukaan luar patungnya yang Ini adalah patung yang sangat unik karena merupakan patung Buddha yang dipernis dan dibentuk dari kayu, bambu dan tanah liat, serta ditutupi kertas washi Jepang dan sutra. Kini, patung berlapis gold leaf ini dinobatkan sebagai patung Buddha terbesar di Jepang yang dibuat dengan teknik tersebut.  

2. Kastil Gifu 

tempat wajib Gifu Jepang japanesestation.com
Kastil Gifu (travel.gaijinpot.com)

Setelah melihat The Great Buddha of Gifu, mari kita mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Gifu, Kastil Gifu. 

Kastil yang terletak di puncak Gunung Kinka ini dapat dicapai dengan dua cara lho. Pertama dengan mendaki selama satu jam melewati jalur pendakian dan kedua adalah dengan menggunakan cablecar menuju puncaknya. Tapi, jika kamu memiliki banyak waktu, lebih baik mencapai puncaknya dengan cara pertama ya! Pemandangan sekelilingnya yang cantik sayang banget buat dilewatkan!  

Sesampainya di puncak, selain melihat keindahan kastil bekas markas utama Oda Nobunaga ini, kamu juga bisa masuk ke dalam museumnya untuk mempelajari sejarah yang berkaitan dengan kastil dan penduduk sekitar Gifu. Dan buat kamu yang ingin melihat pemandangan Kota Gifu, bisa nih naik ke observatory deck gratisnya!

3. Kawaramachi  

tempat wajib Gifu Jepang japanesestation.com
Kawaramachi (travel.gaijinpot.com)

Ingin melihat Gifu zaman dulu? Datang saja ke Kawaramachi! Di sini, kamu bisa merasakan suasana kota kuno Gifu. Kawaramachi bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki singkat dari Kastil Gifu/Gifu Park, mudah kan? Nah di dalamnya, ada banyak rumah kayu tradisional, rasanya seperti kembali ke Zaman Edo

Kawaramachi juga merupakan pusat jajanan lho. Ada ayu-gashi, camilan manis yang berbentuk mirip dengan ikan; marron kuri kinton, sebuah camilan manis spesial musim gugur yang terbuat dari kastanye; serta daging sapi berkualitas tinggi Hida. Selain itu, ada beberapa kerajinan tradisional yang bisa ditemukan di sini, seperti Gifu Shibu Uchiwa (kipas), Gifu Wagasa (payung Jepang) dan Gifu Chochin (lentera kertas) yang dibuat dengan kertas washi Mino. Cocok banget buat mencari oleh-oleh!  

4. Gifu Park 

tempat wajib Gifu Jepang japanesestation.com
Gifu Park (travel.gaijinpot.com)

Gifu Park adalah sebuah taman yang diapit oleh Gunung Kinka dan Sungai Nagara dan dikenal sebagai salah satu tempat terpopuler untuk bersantai dan menikmati semua musim di Jepang. Di dalamnya, ada berbagai hal menarik, seperti Kastil Gifu, reruntuhan istana Oda Nobunaga, pagoda bertingkat tiga, ruang minum teh bergaya Jepang, Gifu City Museum of History, dan Nawa Insect Museum (museum serangga Nawa),dan masih banyak lagi. 

Tempat ini juga dikenal dengan keindahannya di musim gugur. Ratusan daun di pohon-pohonnya berubah warna menjadu merah terang, oranye, dan kuning saat musim gugur. Belum lagi air terjun, kolam, dan jembatan mungilnya, rasanya seperti masuk ke dunia magis! 

5. Inaba Jinja 

tempat wajib Gifu Jepang japanesestation.com
Inaba Jinja (Flickr: Yuya Tamai)

Inaba Jinja adalah kuil Shinto tertua dan paling terkenal di Gifu. Kuil ini berada di kaki Gunung Kinka dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Gifu Park. Kabarnya, kuil ini diyakini telah berdiri sejak lebih dari 1.900 tahun yang lalu lho.  

Kuil ini sangat populer di musim semi karena keindahan bunga sakura jenis Shidarezakura yang berderet di pinggir jalan menuju ke kuil (Inaba-dori) di kedua sisi jalan. Cantik! 

Nah, itulah 5 tempat yang wajib dikunjungi di Kota Gifu, Jepang! 

Sumber:

Gaijinpot

Japan Visitor

Japan Travel Guide