Share on

Ingin mencoba jalan-jalan ke daerah laut di Jepang tapi bingung mau ke mana? JS punya rekomendasi tempat nih, namanya Kepulauan Kerama di Prefektur Okinawa, Jepang.

Advertise With Us

Dilansir dari Japan Guide, Kepulauan Kerama (慶良間諸島, Kerama Shotō) adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau kecil Laut Tiongkok Timur. Kepulauan yang hanya berjarak 40 kilometer dari sebelah barat Pulau Utama Okinawa ini populer karena pantainya yang indah dan berpasir putih serta air biru jernih yang cocok untuk berjemur, berenang, snorkeling, dan menyelam. Dari Januari hingga Maret, area kepulauan ini juga merupakan spot populer untuk melihat paus.

Ada 36 pulau yang membentuk Kepulauan Kerama. Meskipun begitu, hanya 3 pulau yang dijadikan tempat wisata populer, yaitu Tokashiki, Zamami, dan Aka.

Nah, hal menarik apa saja yang bisa kita lakukan di Kepulauan Kerama? Ayo kita simak!

Melihat Penyu di Pulau Tokashiki

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Kerama, Okinawa
Penyu laut di Pantai Tokashiku (nanseirakuen.com)

Pulau terbesar di Kepulauan Kerama ini terkenal sebagai spot terpopuler untuk melihat penyu laut. Penyu laut ini ada di sekitar Pantai Tokashiku di Pulau Tokashiki. Selain melihat penyu laut yang berjalan-jalan dengan bebas di pantai, kamu juga bisa berenang bersama penyu-penyu ini lho.

Nah, ada tips nih buat kamu yang ingin mencoba berenang bersama para penyu. Para penyu ini pemalu dan gampang kaget. Jadi, berenanglah pelan-pelan dan jangan membuat bunyi percikan air terlalu sering. Jika kamu berhasil mendekati penyu-penyu dengan tenang, kamu bisa ikut berenang bersama mereka.

Snorkeling

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Kerama, Okinawa
Snorkeling di Kepulauan Kerama (oki-islandguide.com)

Tempat untuk snorkeling di Jepang memang cukup banyak. Namun, indahnya laut di Pulau Tokashiki membuatnya jadi lokasi wajib buat kamu yang hobi menyelam dan menjelajahi keindahan bawah laut. Di pulau ini juga cukup banyak penginapan berfasilitas lengkap, tambah asyik kan?

Mengunjungi Pusat Observasi di Pantai Aharen

Pantai di Pulau Tokashiki ini berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan Pantai Tokashiku. Karena itu, pantai ini punya banyak shuttle bus. Di tempat ini juga ada Kubandaki Observatory, di mana kamu bisa melihat pemandangan indah Pulau Tokashiki.

Berjalan-jalan di Pulau Zamami

Buat kamu yang hobi berjalan kaki, Pulau Zamami bisa jadi tempat yang tepat. Seluruh sudut pulau ini bisa dijelajah dalam waktu 20 menit berjalan kaki saja.

Pulau ini juga punya pantai yang cocok buat bersantai. Air laut di sini lebih rendah dibanding pantai lainnya, cocok buat kamu yang ingin bersantai di pinggir pantai tanpa berenang dan basah-basahan.

Melihat Rusa Imut

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Kerama, Okinawa
Rusa Ryukyu Sika (keramaislands.asia)

Jika bosan melihat suasana pantai yang begitu-begitu saja, kamu bisa coba datang ke Pulau Aka. Di sini, kamu bisa melihat rusa-rusa Ryukyu Sika berlarian bebas. Imut!

Menonton “Pertunjukan” Paus

6 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Kerama, Okinawa
Paus di Kepulauan Kerama (keramaislands.asia)

Jika kamu datang ke area Kepulauan Kerama antara bulan Januari hingga Maret, kamu bisa menonton paus-paus bungkuk yang datang mengunjungi perairan Kepulauan Kerama. Paus-paus ini datang dari Alaska dan berenang menuju Kerama untuk melahirkan dan membesarkan anak mereka di perairan yang lebih hangat.

Nah, untuk menonton paus ini, kamu harus menyempatkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengikuti tour melihat paus. Dalam jangka wkatu itu, kamu akan melihat paus-paus berukuran 15 meter ini akan “melompat” dari air layaknya pertunjukan sirkus. Tour ini juga menyediakan pengembalian biaya buat kamu yang tidak berhasil melihat paus.

jangan lupa kunjungi Kepulauan Kerama di Okinawa ya!