Share on

Mungkin saat mendengar kata “kastil” yang ada di pikiran kalian adalah kastil-kastil zaman medieval Eropa. Namun, ternyata Jepang juga punya banyak banget lho kastil-kastil megah dengan desain yang gak kalah cantik. Nah, berikut ada 5 kastil Jepang dengan desain terindah!

Advertise With Us

Kastil Himeji

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil Himeji (theculturetrip.com)

Kastil yang terletak di refektur Hyogo ini memiliki 83 bagian bangunan dan disebut-sebut sebagai contoh arsitektur kastil terbaik di Jepang. Eksterior kastilnya berwarna putih mempesona seperti burung egret yang bersiap-siap untuk terbang. Kastil Himeji sendiri telah berdiri sejak tahun 1333 di bawah perintah samurai Akamatsu Norimura untuk digunakan sebagai benteng. Kini, kastil yang ajaibnya bisa selamat dari Perang Dunia II ini menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kastil Shimabara

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil Shimabara (japan-guide.com)

Kastil tercantik Jepang berikutnya adalah Kastil Shimabara di Prefektur Nagasaki. Kastil bertipe hirajiro (kastil yang sulit dilindungi dan biasanya dibangun berdasarkan kondisi ekonomi atau politik) ini berlokasi di dekat Gunung Unzen dan Pantai Ariake. Sayangnya, meski bangunannya sangat cantik. Kastil ini menyimpan sejarah kelam. Para daimyo Kastil Shimabara membuat rezim kejam yang menindas, mengeksekusi penganut agama Kristen dan menaikkan pajak untuk membangun kastil ini. Pada tahun 1800-an, beberapa bagian kastil ini pun dijadikan lahan sekolah dan lahan pertanian. Kini, kastil ini berfungsi sebagai museum yang memamerkan budaya lokal dan sejarah tentang Pemberontakan Shimabara pada zaman feodal.

Kastil Matsumoto

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil Matsumoto (wikimedia.org)

Matsumoto dalah salah satu kastil paling bersejarah dan dianggap sebagai salah satu Harta Nasional Jepang. Kastil ini juga kerap disebut sebagai “Kastil Gagak” karena eksteriornya yang berwarna hitam. Kastil bertipe hirajiro yang didirikan pada akhir abad 16 ini memiliki struktur bangunan yang terdiri dari rangkaian parit, sistem tembok yang kompleks, dan gatehouses. Pada tahun 1800-an, kastil ini sempat dilelang untuk pengembangan ulang hingga menjadi seperti sekarang.

Kastil Nagoya

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil Nagoya (japan-guide.com)

Kastil Nagoya yang kita lihat sekarang mulai dibangun sekitar abad 17, meski tanggal dibangunnya bangunan aslinya belum diketahui hingga sekarang. Nah, kastil aslinya sebenarnya disebut dengan nama Yanagi-no-maru yang dibangun oleh gubernur militer Imagawa Ujichika sebagai hadiah bagi putranya pada tahun 1520-an. Tak lama setelah selesai dibangun, seorang daimyo menguasai kastil ini dan mengubah namanya menjadi Kastil Nagoya. Pada saat Perang Dunia II, kastil ini digunakan sebagai sebuah markas militer dan sempat rusak parah karena serangan udara tentara Amerika Serikat.

Kastil Hirosaki

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil HIrosaki (wikimedia.org)

Terakhir, ada Kastil Hirosaki yang dibangun klan Tsugaru pada tahun 1600-an setelah mendapat cukup uang dari  berbagai sumber. Sayangnya, kastil ini sempat hancur akibat sambaran petir yang mengenai mesiu 15 tahun setelah dibangun, meski akhirnya kembali dibangun sekitar 2 tahun kemudian. Kini,  taman yang mengelilinginya memiliki 2.600 pohon sakura yang telah ditanam sejak tahun 1903. Kastil ini juga merupakan tempat digelarnya festival tahunan Hirosaki Castle Snow Lantern Festival yang menarik perhatian banyak turis.

Nah, itulah 5 kastil Jepang dengan desain terindah Kamu suka yang mana nih?