Share on

Kastil Matsuyama (松山城, Matsuyama-jo) adalah salah satu dari dua belas kastil asli Jepang, yaitu kastil yang masih berdiri sejak era pasca-feodal tahun 1868 dan masih tetap utuh. Ini juga salah satu kastil paling kompleks dan menarik di negara ini. Terletak di Gunung Katsuyama, sebuah gunung curam di pusat kota, menawarkan pengunjung dengan pemandangan Matsuyama dan Laut Pedalaman Seto yang memukau. Ada sekitar 200 pohon sakura di halaman kastil, menjadikannya lokasi yang bagus untuk menikmati mekarnya bunga tersebut.

Kastil Matsuyama dibangun antara 1602 hingga 1628. Pada tahun 1635, kastil tersebut dipindah tangan ke keluarga Matsudaira, kerabat dari penguasa, Tokugawa, dan tetap di tangan mereka sampai akhir era feodal. Menara 3 lantai dari kastil ini dibangun pada tahun 1820, setelah menara 5 lantai sebelumnya hancur tersambar petir.

Kastil Matsuyama: Menikmati Warisan Zaman Feodal
(gambar: japan-guide)

Kastil Matsuyama memberikan contoh yang sangat baik dari salah satu kastil feodal. Tembok pertahanan utama (Honmaru) terletak di atas bukit, dapat diakses melalui beberapa gerbang yang dijaga dengan baik. Kompleks ini juga mencakup bangunan sekunder dan beberapa menara, memberi Kastil Matsuyama tampilan yang megah dan membuatnya menarik untuk dijelajahi. Di dalam kastil, terdapat beberapa pameran yang menawarkan informasi tentang sejarah Matsuyama dan periode feodal.

Kastil Matsuyama: Menikmati Warisan Zaman Feodal
(gambar: japan-guide)

Terlepas dari lokasinya di puncak bukit yang curam, tempat ini mudah diakses dengan kereta gantung dan kursi gantung. Naik kursi gantung ini juga adalah cara yang menyenangkan dan populer untuk menaiki Gunung Katsuyama. Selain itu, kita dapat mendaki bukit dalam waktu sekitar 15 menit dari pangkalan stasiun kereta gantung atau dari Taman Ninomaru.

Kastil Matsuyama memiliki banyak bangunan, tidak seperti istana Jepang lainnya. Di dalam daerah kastil, kalian dapat melihat pameran tentang persenjataan, puisi haiku, metode konstruksi tradisional, dan masih banyak lagi.

Kastil Matsuyama: Menikmati Warisan Zaman Feodal
(gambar: Matsuyama Tourism Convention Association)

Setiap musim panas, Festival Matsuyama diadakan di Kota Matsuyama. Biasanya festival berlangsung selama tiga hari pada pertengahan Agustus. Festival sebagian besar menampilkan tarian dan telah diadakan sejak 1966. Shikoku memiliki tradisi menari, dari tarian Awa Odori dari Tokushima, tarian Yosakoi Naruko Odori dari Kochi, hingga tarian Takamatsu Odori dari Kagawa. Setelah ditemukannya Festival Matsuyama ini, setiap prefektur di Shikoku memiliki tarian unik yang dipertunjukkan kepada masyarakat.

Kastil Matsuyama Tiket : 510 yen (Dewasa), 150 yen (anak) / Paket dengan kereta gantung: 1,020 yen (Dewasa), 410 yen (anak) Jam Buka : Kereta Gantung: 08.30-17.00, Kastil: 09.00-17.00 Website   Featured image: visitehimejapan Source: matcha-jp, Japan-guide