Share on

Kastil Bitchu Matsuyama atau yang dikenal juga sebagai Kastil Takahashi dibangun pertama kali pada tahun 1240 sebelum akhirnya dipindahkan pada tahun 1331 ke lokasinya yang sekarang. Kastil ini terletak di puncak Gunung Gagyu dengan ketinggian 430 meter di Kota Takahashi, Prefektur Okayama yang membuatnya sebagai benteng tertinggi di Jepang yang masih memiliki menara aslinya.

Bitchu Matsuyama, Kastil Yang Mengapung di Awan
© Okayama Prefectural Tourism Federation
Bitchu Matsuyama, Kastil Yang Mengapung di Awan
© Okayama Prefectural Tourism Federation

Kastil ini merupakan properti budaya penting dan termasuk dalam 100 kastil terbaik di Jepang. Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju kastil tersebut. Pada saat musim gugur juga dataran yang berada disana akan berubah warna kemerahan dengan pepohonan yang mulai berubah warna dan menawarkan pemandangan indah kepada para pengunjung.

Bitchu Matsuyama, Kastil Yang Mengapung di Awan
(gambar: JNTO)

Saat berada di puncak, terutama pada pagi hari saat musim gugur dan musim dingin akan terbentuk lautan awan yang melingkupi area kastil sehingga terlihat seolah-olah kastil ini mengapung di atas awan, hal ini juga yang membuat kastil ini sering disebut sebagai ‘kastil di langit’.

Kastil ini terdiri dari bangunan utama yang dikelilingi oleh bangunan yang lebih kecil, bangunan utama ini hanya memiliki 2 lantai dan di dalamnya juga terdapat museum kecil yang memamerkan sejarah dari kastil, termasuk dokumentasi renovasi-renovasi yang pernah dilakukan pada kastil ini.

Meskipun agak sulit untuk dicapai dimana pengunjung harus berjalan di pegunungan dari area parkir, kastil ini menawarkan pengalaman unik yang cukup menarik bagi para wisatawan, terutama yang menggemari kastil Jepang.

Kastil Bitchu Matsuyama Alamat: 1 Uchisange, Takahashi-shi, Okayama-ken Jam buka: 09.00 - 17.30 (April - September), 09.00 - 16.30 (Oktober - Maret) *tutup 29 Desember - 3 januari Biaya: 500 yen, SMP kebawah 200 yen Situs resmi