Share on

Ketika berkunjung ke Jepang, kamu pasti bisa menemukan teh hijau dimanapun. Mulai dari yang mewah seperti upacara minum teh di Kyoto, hingga teh botolan yang dijual di setiap vending machine. Sebagian besar teh hijau yang dikonsumsi di negara ini tentunya ditanam, dipanen, dan diproses langsung di Jepang. Jika kamu adalah seorang pecinta teh, berikut adalah tiga daerah penghasil teh hijau terbaik di Jepang yang bisa kamu kunjungi.

Advertise With Us

1.       Shizuoka

Kebun Teh Shizuoka
Kebun Teh Hijau di Shizuoka, terletak di Pegunungan Fuji (savvytokyo.com)

Shizuoka adalah tempat penanaman teh hijau terbesar di Jepang, memproduksi hingga 40% dari seluruh teh hijau yang dikonsumsi negara ini. Menurut sejarah, perkebunan teh hijau di Shizuoka dimulai sejak tahun 1241. Diceritakan bahwa seorang biarawan bernama Shoichi Kokushi menanam benih teh hijau pertama di Shizuoka yang ia peroleh dalam perjalanannya ke China. Wilayah ini berada di tempat yang sempurna untuk menanam teh, karena Gunung Fuji menyediakan tanah yang kaya nutrisi dan kemiringan alami yang berperan seperti sistem irigasi untuk menjaga akar teh agar tidak terlalu lembab.

Prefektur ini memiliki area besar yang didedikasikan khusus untuk menanam teh. Perkebunan teh di Shizuoka sangat indah, dan terbuka untuk pengunjung. Para petani teh di Shizuoka menawarkan pengalaman memetik dan mencicipi teh hijau secara langsung bagi para wisatawan.

2.       Uji, Kyoto

Kebun Teh Uji
Kebun Teh Hijau di Uji, Kyoto (matcha-jp.com)

Selain terkenal akan kuilnya yang indah dan geisha, Kyoto juga terkenal dengan jenis teh hijau matcha. Matcha dibuat dengan cara menggiling daun teh hijau dengan batu khusus hingga menjadi bubuk. Proses pembuatannya agak rumit karena masih dilakukan secara tradisional dengan tangan di beberapa tempat. Tetapi saat ini banyak pabrik pengolahan besar yang memiliki mesin untuk melakukan prosesnya. Kecepatan prosesnya harus diatur ke tingkat tertentu agar tidak menciptakan panas yang dapat merusak kualitas daun teh.

Teh hijau Kyoto diproduksi di kota kecil Uji, terletak di bagian selatan Kyoto dan sangat terkenal di kalangan wisatawan Jepang. Kyoto tidak menghasilkan teh hijau sebanyak Shizuoka, hanya sekitar 3% dari total konsumsi Jepang. Tetapi teh hijau yang dibuat di Kyoto memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi. Uji matcha juga sangat terkenal di seluruh dunia dengan kualitas dan rasanya yang tidak dapat disangkal.

3.       Kagoshima, Kyushu

Kebun Teh Kagoshima
Kebun Teh Hijau di Kagoshima, Kyushu (tokyoweekender.com)

Terletak di kepulauan Kyushu, Kagoshima adalah daerah penghasil teh terbesar kedua di Jepang, setelah Shizuoka. Kagoshima dikenal sebagai produsen masal teh hijau dengan harga yang lebih murah untuk pembelian dalam jumlah besar. Dalam beberapa tahun terakhir, wilayah ini berusaha untuk meningkatkan kualitas teh mereka, namun menjaga harganya agar tetap rendah. Sebagian besar teh hijau yang diproduksi di Kagoshima dikenal sebagai teh berjenis campuran, mulai dari sencha, shibushi, hojicha, dan bahkan matcha.

Meskipun Shizuoka masih merupakan daerah penghasil teh terbesar di Jepang, tetapi dalam hal menanam teh, iklim adalah unsur paling penting, dan iklim Kagoshima yang sejuk namun juga hangat memberikannya keuntungan dibandingkan Shizuoka.