Share on

Prefektur Kanagawa adalah salah satu destinasi wisata Jepang favorit turis yang dikenal dengan pantai cantik dan bangunan bersejarahnya. Area terpopuler dari prefektur ini adalah Kamakura, rumah dari berbagai peninggalan budaya, dan Enoshima, sebuah pulau dengan pemandangan cantik. Nah, salah satu cara untuk traveling ke 2 tempat tersebut adalah dengan menggunakan Enoshima Electric Railway atau "Enoden" (Enoshima Dentetsu). Nah, apa sih Enoshima Electric Railways itu? Simak penjelasannya ya!

Advertise With Us

Apa Itu Enoshima Electric Railways?

wisata Kamakura Enoshima Electric Railways japanesestation.com
Kereta Enoshima Electric Railways (enoden.co.jp)

Enoshima Electric Railway (Enoshima Dentetsu atau Enoden) adalah sebuah jalur kereta sepanjang 10 km yang terbentang dari Stasiun Kamakura hingga Stasiun Fujiwara alias menghubungkan Kamakura dan Enoshima melalui 13 stasiun di antaranya. Kereta-kereta di sini selalu beroperasi setiap 12 menit sekali.

Enoden sangat populer di kalangan pecinta kereta dan turis karena keretanya yang beraura retro, lokasinya yang terletak dekat dengan area bersejarah, serta pemandangan indah di sekitar pinggir pantainya.  Bahkan di musim tertentu, kita bisa melihat cantiknya bunga hydrangea dari tempat duduk!

Untuk menaiki kereta yang beroperasi mulai dari pukul 5:30 pagi hingga pukul 23:15 malam ini, kamu harus merogoh kocek sebesar 190 – 300 yen untuk orang dewasa dan 100 – 150 yen untuk anak-anak (satu kali jalan), tergantung dengan rute yang diambil. Masih sedikit mahal? Tenang, ada tiket diskon juga lho! Info lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikutnya ya!

Hemat dengan Noriorikun (Enoden 1-Day Pass) dan Kamakura-Enoshima Afternoon Pass

wisata Kamakura Enoshima Electric Railways japanesestation.com
Noriorikun (enoden.co.jp)

Masih ingat dengan Kansai Thru Pass? Ya, Noriorikun mirip dengan tiket hemat keliling Kansai tersebut. Tiket ini akan memberimu akses unlimited untuk menggunakan Enoden untuk satu hari penuh. Kamu bisa turun dan naik di stasiun manapun selama berada di jalur Enoshima Electric Railways dengan tiket ini! Kamu bisa membelinya di stasiun Enoden manapun dengan harga 650 yen untuk orang dewasa dan 330 yen untuk anak-anak. Tiket ini juga memberimu bonus di beberapa toko, restoran, dan hotel di dekat beberapa stasiun, jadi jangan lupa beli Noriorikun ya!

wisata Kamakura Enoshima Electric Railways japanesestation.com
Kamakura-Enoshima Afternoon Pass (enoden.co.jp)

Selain Noriorikun, ada tiket diskon lain, yaitu Kamakura-Enoshima Afternoon Pass!  Tiket ini tidak hanya memberimu tumpangan tak terbatas Enoden, tapi juga bisa membuatmu masuk ke beberpaa atraksi Enoshima secara cuma-cuma! Tiket ini dijual di Stasiun Fujisawa, Stasiun Enoshima, dan Stasiun Kamakura setelah pukul 1 siang dengan harga 1,210 yen untuk orang dewasa dan 610 yen untuk anak-anak. Tiket ini sangat direkomendasikan buatmu yang berencana untuk mengunjungi Enoshima karena jauh lebih murah dibanding membeli tiket terpisah. Dan sama seperti Noriorikun, tiket ini juga memberimu bonus/diskon di beberapa café dan toko di sekitar Enoshima!

Enak banget ya ternyata berpetualang ke Kamakura dan Enoshima dengan Enoshima Electric Railways atau Enoden ini? Wajib dicoba nih kalau ke Jepang nanti!

Sumber:

Enoshima Electric Railways

Gaijinpot

Tsunagu Japan

Japan Visitor