Share on

Enoshima Sea Candle atau yang dikenal juga dengan nama Shonan Observatory Lighthouse terletak di sebuah pulau kecil Enoshima di Fujisawa, Kanagawa. Bangunan ini berfungsi sebagai mercusuar dan juga menara pengawas yang memiliki dek observasi yang terbagi 2 baik indoor maupun outdoor.

Enoshima Sea Candle, Mercusuar dan Dek Observasi di Enoshima
(gambar: Toshihiro Gamo // CC BY-NC-ND 2.0)

Bangunan ini menjadi ikon regional setelah dibuka kembali pada tahun 2003 setelah mengalami renovasi sebagai bagian dari perayaan 100 tahun Enoshima Electric Railway pada tahun 2002. Pada tahun 2004 menara ini juga mendapatkan penghargaan Good Design Award dibawah kategori Architecture and Environment Design – Environment Design.

Dari dek observasi di menara ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam 360° dari ketinggian 120 meter diatas permukaan laut. Selain pemandangan laut dan pantai, dari sini pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Fuji yang menjadi ikon negara Jepang dari kejauhan.

Enoshima Sea Candle, Mercusuar dan Dek Observasi di Enoshima
Event Shonan no Hoseki © 湘南の宝石実行委員会

Meskipun menikmati pemandangan dari menara ini bisa dinikmati setiap saat, namun malam hari menjadi waktu yang populer karena tower ini akan diterangi dengan lampu-lampu. Selain itu event tahunan Shonan no Hoseki juga diadakan pada musim dingin dari pertengahan November hingga Februari dimana seluruh penjuru Enoshima diterangi oleh lampu-lampu indah, untuk tahun ini diadakan mulai 23 November 2019 hingga 16 Februari 2020.

Suasananya yang romantis juga menjadikan tempat ini sebagai tempat impian untuk berkencan di malam natal bagi wanita Jepang.

Enoshima Sea Candle Alamat: 2-3-28 Enoshima, Fujisawa-shi, Kanagawa-ken Jam buka: 09.00 - 20.00 Harga: Dewasa (SMP keatas) 300 yen, Anak-anak (SD kebawah) 150 yen Website JP