Share on

Sebagian besar orang di Jepang memiliki kartu IC seperti Suica atau Pasmo, yang mereka gunakan untuk transportasi dan belanja. Tetapi ada lebih dari sepuluh jenis kartu IC di luar sana. Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta seputar Transportation IC Cards dan koleksi berharganya.

Suica: Transportation IC Cards Pertama Jepang

Kartu IC pertama di Jepang adalah Suica, yang hadir pada tahun 2001. Kartu ini dikeluarkan oleh East Japan Railway Co. (JR EAST) dan terutama digunakan di wilayah Kanto (Jepang timur). Saat ini kartu IC Suica dapat digunakan pada jaringan transportasi paling luas dan bahkan di beberapa daerah di Jepang.

Suica

Suica memungkinkan para komuter untuk langsung melewati gerbang tiket. Nama kartu ini sama dengan "suika" atau semangka dalam bahasa Jepang. Karena permainan kata ini, warna utama kartu Suica adalah hijau seperti buah semangka loh.Desain Suica telah sedikit berubah sejak pertama kali diperkenalkan. Kartu saat ini merupakan desain generasi ke-empat.

Suica Generasi Ke-2

Maskot penguin pertama kali muncul pada generasi ke-dua di tahun 2004. Maskot yang menggemaskan ini awalnya ditampilkan menghadap ke samping tetapi sekarang menghadap ke depan sejak desain yang diluncurkan pada tahun 2008.

Jumlah "torehan" pada Kartu IC: Apa Perbedaannya?

Sisi kanan kartu IC akan memiliki torehan. Beberapa kartu mungkin memiliki satu torehan sementara yang lainnya memiliki dua. Apa perbedaan keduanya?

Torehan pada sisi kanan kartu

Pertama, kita akan menjelaskan dulu mengapa ada torehan pada kartu. Tanda ini memungkinkan masyarakat tunanetra saat menyentuh kartu IC dapat mengidentifikasinya sebagai kartu transportasi.Jumlah torehan yang berbeda adalah untuk membedakan antara kartu yang dapat didaftarkan dengan nama kalian dan yang tidak. Kartu dengan satu torehan dapat didaftarkan dengan informasi pribadi, sementara kartu dengan dua torehan adalah kartu khusus yang tidak dapat didaftarkan.

Kiri kartu edisi spesial, kanan kartu reguler

Kartu IC reguler dengan satu torehan dapat dicetak dengan detail, termasuk nama lengkap pemilik, umur, dan rute perjalanan.Di sisi lain, kartu dengan dua torehan biasanya dikeluarkan dalam jumlah terbatas dan fitur desain edisi khusus. Dalam upaya melestarikan desain mereka yang unik, kartu-kartu ini tidak dapat dicetak personal.

kartu IC OKICA

Namun, kartu IC OKICA khusus yang digunakan di sepanjang Yui Rail di Okinawa, tidak memiliki torehan.

Apakah Semua Kartu Memiliki Akhiran -ca di Nama Mereka?

Ada berbagai jenis kartu IC di Jepang, tetapi kalian harus memperhatikan bahwa banyak dari nama mereka diakhiri dengan imbuhan ca. "Ca" ini berasal dari bahasa Inggris "card." Ini juga diucapkan dengan cara yang sama dengan suku kata hiragana Jepang "ka."

berbagai jenis kartu IC di Jepang

Sebagian besar kartu IC memiliki nama Jepang fonetik yang dicetak dalam bahasa Inggris. Beberapa kartu ini juga meminjam dari dialek daerah.IruCa Transportation IC Cards untuk Kereta Api Listrik Takamatsu-Kotohira (Kotoden) di Takamatsu adalah salah satu kartu yang unik di wilayahnya. Koto-chan, lumba-lumba biru, juga maskot menawan Kotoden.

IruCa

IruCa adalah permainan kata "iruka" atau lumba-lumba dalam bahasa Jepang. Ungkapan itu juga bisa diterjemahkan menjadi "Apakah kamu membutuhkannya?" dengan pengucapan yang sama. Penamaan yang cemerlang ini mendorong penduduk untuk selalu bertanya pada diri sendiri apakah mereka membutuhkan Kereta Api Takamatsu-Kotohira dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Icsca

Icsca, kartu IC yang dikeluarkan oleh Biro Transportasi Kota Sendai di Miyagi, berasal dari frasa ikusuka? dalam dialek Sendai. Dalam bahasa Jepang standar, pertanyaan ini berarti "Apakah kamu akan pergi?"Maskot kartu burung pipit berasal dari lambang keluarga "burung pipit dan bambu" klan Date. Date Masamune, seorang jenderal zaman Sengoku, pernah memerintah wilayah Sendai dahulu kala.

Temukan Penerbit Kartu di Bagian Belakang

Dicetak di bagian belakang kartu IC pada sudut kanan bawah, terdapat kode 17 digit yang terdiri dari huruf dan angka dengan latar belakang hitam. Alfabet ini adalah akronim dari penerbit kartu.

Bagian belakang kartu IC

Berikut adalah tiga akronim yang terdaftar di transportation IC cards:

  • JE = JR EAST (Perusahaan Kereta Api Jepang Timur)
  • JW = JR WEST (Perusahaan Kereta Api Jepang Barat)
  • TP = Trans Pass (Kartu IC manaca Nagoya)

Kok Ada Dua Penerbit Kartu?

Biasanya, kartu IC tidak akan memiliki beberapa emiten. Namun, kartu Manaca yang digunakan di Nagoya memiliki dua penerbit: MIC dan Nagoya Transportation Development Organisation Co., Ltd.

Penerbit kartu yang berbeda

Kartu yang dibeli di Kereta Api Nagoya (Meitetsu) dikeluarkan oleh MIC. Kartu yang dibeli dengan mode transportasi lain di Nagoya, dikeluarkan oleh yang satunya. Terlepas dari penerbitnya siapa, semua kartu akan menampilkan TP awal di bagian belakang kartu.

10 Kartu IC yang Dapat Dipertukarkan dan Kompatibel: Pergi Ke Mana Saja di Jepang dengan Hanya Satu Kartu

Layanan yang dapat dipertukarkan dan kompatibel untuk Transportation IC Cards di Jepang dimulai pada tahun 2013. Kartu IC regional sekarang dapat digunakan di wilayah lain juga.

Kartu IC Kompatibel

Daftar kartu yang dapat dipertukarkan saat ini adalah sebagai berikut: Suica dari JR EAST, Kitaca dari JR Hokkaido, PASMO (terutama digunakan di wilayah Kanto), Manaca di Nagoya, TOICA oleh JR Central dan Line Loop Aichi, PiTaPa (terutama digunakan di Wilayah Kinki), ICOCA dari JR WEST, Hayakaken dari Biro Transportasi Kota Fukuoka, Nimoca dari Nishitetsu, dan SUGOCA oleh JR Kyushu. Total ada sepuluh kartu yang dapat dipertukarkan. (Gambar di atas adalah delapan kartu itu, tidak termasuk PiTaPa dan Nimoca).

Kartu IC yang Disesali

Tahukan kalian bahkan sampai ada kartu yang dianggap "kartu IC paling disesalkan di Jepang." Kartu itu adalah ICOUSA yang hanya dapat digunakan pada loop bus di Kota Fukui. Hanya sekitar 2.400 kartu yang telah dikeluarkan sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2011.

ICOUSA di Prefektur Fukui

Kartu itu dibuat untuk mengurangi kebutuhan komuter tua membawa uang receh. Namun disini hanya ada empat rute bus kota. Sehingga mungkin ini sebabnya jumlah penjualan kartu menjadi rendah.

Kumpulkan Kartu Edisi Terbatas yang Berharga

Jepang menyukai barang-barang eksklusif yang dirilis dalam jumlah terbatas untuk acara-acara khusus. Tentu saja, transportation IC cards tidak terkecuali. Peluncuran kartu IC edisi terbatas memacu penggemar untuk menambah koleksi mereka!

Kartu Edisi Terbatas

Beberapa kartu edisi terbatas telah diatur dengan baik pada foto di atas. Namun, ini hanyalah puncak gunung es dari berton-ton kartu edisi terbatas lainnya.

Suica yang dikeluarkan pada tahun 2015

Gambar di atas adalah Suica yang dikeluarkan pada tahun 2015 untuk memperingati 100 tahun pembukaan Stasiun Tokyo. Banyak orang bergegas mendapatkan kartu ini karena ilustrasi indah Stasiun Tokyo dan ketersediaannya dalam jumlah terbatas.

Kartu IruCa pernikahan Koto-chan

Kartu ini adalah salah satu yang paling berkesan, kartu IruCa yang dikeluarkan khusus untuk peringatan 100 tahun Takamatsu-Kotohira Electric Railroad. Tema desainnya adalah pernikahan Koto-chan. Kemasannya mewujudkan perayaan dan bahkan berisi pesan rasa terima kasih dari Koto-chan di dalam amplop.Tidak ada yang lebih menggemaskan selain Koto-chan dan istrinya Kotomi-chan!