Share on

Apakah kalian yakin wasabi yang pernah kalian makan adalah yang sebenarnya? Jangan merasa yakin dulu.

Sebuah video dokumenter di Jepang mengungkapkan fakta mengejutkan mengenai hal ini, di mana wasabi yang selalu dikonsumsi di restoran-restoran itu ternyata bukanlah asli. Itu hanyalah lobak pedas yang sengaja diolah agar rasanya menyerupai wasabi.

wasabi-yang-biasa-dimakan-ternyata-3

Latar belakang dari kenyataan ini adalah fakta mengenai betapa sulitnya wasabi untuk tumbuh di negara selain Jepang. Video tersebut pun menceritakan tentang para petani Daio Wasabi Farm di desa Hotaka, Prefektur Nagano yang menjelaskan bahwa wasabi merupakan salah satu tumbuhan yang sangat sulit untuk tumbuh. Banyak sekali persyaratan yang rumit dalam budidayanya. Inilah alasan di balik subtitusinya dengan lobak pedas dan pewarna makanan hijau di luar negeri. Rasanya pun jauh berbeda dengan rasa wasabi yang ada di Jepang.

wasabi-yang-biasa-dimakan-ternyata-1

Setidaknya untuk tumbuh, wasabi membutuhkan suhu 13-18 celcius serta dekat dengan mata air. Pasalnya wasabi merupakan jenis tanaman yang tumbuh di lingkungan yang basah. Tanaman ini juga sangat sensitif sehingga tidak akan bisa tumbuh pada lingkungan dengan temperatur yang tidak stabil.

wasabi-yang-biasa-dimakan-ternyata-2

Selain itu, biaya yang cukup tinggi untuk membudidayakan wasabi membuat tanaman ini sulit ditemukan di luar Jepang. Wasabi yang sebenarnya memiliki rasa yang pedas dan kompleks serta sedikit rasa manis juga. Di Jepang wasabi banyak sekali diolah menjadi beragam jenis makanan, seperti es krim wasabi, mie, jus, dan lain-lain.

Jadi, apa kalian sudah mencoba wasabi yang sebenarnya sejauh ini?