Share on

Ada banyak cara dalam mengolah daging ikan salmon menjadi masakan yang lezat, misalnya dibuat menjadi salmon teriyaki super mudah dengan nasi sushi dan salad kubis yang renyah, salmon teriyaki dengan acar sayuran khas Jepang yang lezat, atau dibuat menjadi sate yang gurih menggiurkan.

Advertise With Us

Kali ini akan diulas tentang resep salmon teriyaki yang disajikan dengan sayuran Asia dan nasi merah, dengan teknik memasak Glazed Salmon yang direndam dalam bumbu dan dimasak dengan suhu lebih rendah, serta menambahkan sugar snap pea, yaitu kacang kapri berbiji bulat yang juga disebut kapri gendut/kapri manis. Berikut adalah resepnya yang dapat disajikan dalam waktu cepat untuk makan malam dikutip dari japanbullet.com.

Bahan-bahan:

2 daun bawang, iris tipis
4 x 200g fillet salmon tanpa tulang dengan kulit
2 sdm minyak sayur
1/4 cangkir mirin
1/3 cangkir saus teriyaki
2 sdm soy sauce
3 sendok teh minyak wijen
200 g sugar snap pea/kapri manis, dipotong-potong
1 tandan buk choy muda, dipotong-potong, dibelah dua
2 tandan asparagus, dipotong-potong
450g nasi merah masak di microwave
2 sendok teh biji wijen, dipanggang
1 alpukat, diiris
1/3 cangkir mayones Kewpie Wasabi, untuk penyajian
Acar jahe, untuk penyajian

Cara pembuatan:

Tempatkan daun bawang di dalam semangkuk air es. Dinginkan sampai dibutuhkan.

Tempatkan setengah dari minyak sayur ke dalam wajan besar. Ayun-ayun hingga merata. Tempatkan salmon di wajan dengan bagian kulit menghadap ke bawah. Tempatkan di atas api sedang. Masak selama 8 menit atau sampai kulitnya mengering. Balik dan masak selama 4 menit atau sampai mulai berwarna kecoklatan. Tambahkan mirin, saus teriyaki, soy sauce dan 2 sendok teh minyak wijen ke wajan. Masak selama 2 menit lagi atau sampai salmon matang sesuai dengan selera. Menggunakan penjepit, pindahkan salmon ke piring. Tutup agar tetap hangat.

Tambahkan kacang kapri, buk choy dan asparagus ke wajan. Aduk di atas api sedang selama 2 sampai 3 menit atau sampai sayuran terlapisi bumbu dan layu.

Sementara itu, masak nasi sesuai instruksi di kemasan. Masukkan biji wijen dan sisa minyak wijen. Bumbui.

Siap dihidangkan dan selamat menikmati!