Share on

Jepang dikenal dengan berbagai macam perayaan festival yang banyak digelar baik sebagai peringatan maupun hal lainnya. Salah satunya adalah festival Gozan no Okuribi yang dilangsungkan setiap tahun pada tanggal 16 Agustus di Kyoto. Dalam festival ini akan ada api unggun yang disusun membentuk aksara kanji, perahu dan torii pada lima gunung yang tersebar di sekeliling kota Kyoto, Jepang.

Advertise With Us

Kali ini, perayaan tersebut mendapat sambutan menarik dari bidang kuliner. Sebuah produsen makanan membuat varisai baru untuk sebuah tofu yang diberi nama “Gozan no Okuribi Tofu” yang memiliki makna sama dengan festival Gozan no Okuribi. Tofu dengan merk Otokomae ini merupakan makanan yang terdiri dari enam buah tofu bulat menyerupai telur dan memiliki kanji diatasnya,.

Nikmati Festival Gozan no Okuribi Melalui Tofu Unik Ini!
(sumber: japantoday)

Ide ini muncul dari orang-orang yang mungkin tidak sempat mendatangi Kyoto atau tak sempat melihat festival Gozan no Okuribi maka dari itu produsen makanan tersebut membuat sesuatu yang membuat orang dapat menikmati festival meski tidak sempat datang atau menghadiri perayaan yang digelar setahun sekali itu.

Didalamnya akan terdapat 6 buah tofu yang yang diatasnya akan terdapat tulisan kanji dan juga dua gambar ikonik yang khas selama festival, diantaranya:

Dai (大) yang berarti "besar" atau "hebat", Myo (妙), yang bisa berarti "menakjubkan" Ho (法), yang berarti "dharma", Dai (大), yang berarti "besar" atau "hebat" (karakter kanji yang sama digunakan pada dua gunung yang berbeda)

Kedua lainnya mendapat gambar torii dan perahu.

Kabarnya, tofu ini akan dirilis di Kyoto pada 13-16 Agustus mendatang dan dipasang dengan harga 98 yen. Ini merupakan ide yang bagus untuk memeriahkan festival dan dijadikan sebagai souvenir untuk siapapun yang mengunjungi Kyoto pada saat musim panas.

  sumber: japantoday