Share on

Festival musim gugur di Jepang segera tiba. Perayaan ini disebut 'Tsukimi' yang secara harfiah berarti 'melihat bulan', merujuk pada kebiasaan mengadakan pesta memandang bulan pada musim ini. Namun ada cara tradisional lain untuk menghargai keindahan bulan selama musim ini, yaitu dengan makan makanan seperti bulan. Makanan ini biasanya berupa mochi atau telur yang berbentuk bulat.

Advertise With Us

Untuk itu, McDonalds Jepang merilis koleksi burger bertema Tsukimi setiap tahun. Tetapi kali ini mereka tampaknya telah merilis berbagai macam menu Tsukimi lainnya, yang mencakup muffin, burger, makanan penutup, dan minuman.

Yang pertama, tentu saja, adalah 'Tsukimi Burger'. Sajian klasik yang terdiri dari telur, patty daging sapi, bacon asap, dan saus aurora rasa tomat. Ada juga ‘Cheese Tsukimi’, dengan tambahan keju.

Tsukimi Burger
Tsukimi Burger dan Rich Fuwatoro Tsukimi (grapee.jp)

Menu baru yang belum pernah ada sebelumnya adalah 'Rich Fuwatoro Tsukimi', dengan lapisan scramble egg di bawah patty, dan juga ‘Tsukimi Muffin’ untuk menu sarapan, dengan telur, bacon asap, saus aurora, dan patty sosis.

Setelah memilih salah satu dari menu di atas, bagaimana kamu bisa menolak memanjakan diri dengan makanan penutup yang lezat? Ada dua pilihan, dimulai dengan 'Tsukimi Pie', mochi lembut dan anko manis yang dibungkus dengan adonan pie renyah.

Dessert Baru McD
Tsukimi Pie dan McFlurry Tsukimi (grapee.jp)

Ada juga 'McFlurry Tsukimi', merupakan McFlurry pertama yang menggunakan warabi mochi, dengan disertai dengan saus hitam yang kaya akan rasa manis.

Terakhir, ada juga minuman yang diberi nama 'McFizz Kyoho'. Kyoho adalah sejenis buah anggur di Jepang, warna ungu yang kaya dari anggur ini melambangkan langit malam yang misterius, dan ditambah dengan warna putih dari soda dan krim yang melambangkan bulan purnama yang cerah. Minuman ini juga tersedia sebagai McFloat.

'Tsukimi Muffin' hanya tersedia untuk menu sarapan, tetapi menu lainnya dapat kamu pesan mulai pukul 10.30 dan seterusnya. Tentu saja menu untuk musim gugur ini hanya tersedia dalam waktu yang terbatas, jadi jika kamu pergi ke McDonalds Jepang, pastikan untuk membelinya sebelum pertengahan Oktober ketika mereka akan dihapus dari menu.