Share on

Funabashiya Koyomi Hiroo adalah kafe Jepang yang dekat dengan Shibuya dan Roppongi, namun terlindungi oleh lingkungan yang tenang. Kafe ini sangat ideal untuk menghindari keramaian di Tokyo, sekaligus menawarkan kesempatan untuk mencoba suguhan wagashi tradisional, seperti mochi, dan matcha. Sungguh pengalaman bersantai di kafe dari penatnya perkotaan.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Distrik Hiroo, Tokyo (https://matcha-jp.com/en/8270)

Hiroo - Lingkungan Kafe dan Pesona Tokyo yang Tenang

Hiroo adalah distrik perumahan di Tokyo yang belum terlalu dipadati wisatawan. Tempat yang indah, penuh dengan tanaman hijau, jalan-jalan yang bisa dilalui dengan santai, dan toko-toko kecil serta restoran-restoran disekeliling, sungguh membuat kita merasa nyaman. Hiroo berada di antara Roppongi dan Ebisu di Tokyo Metro Hibiya Line dan relatif dekat dengan Shibuya. Ini adalah lokasi yang ideal untuk menemukan sisi lain Tokyo dan menghindari keramaian kota pada akhir pekan.

Funabashiya Koyomi, sebuah kafe Jepang yang terletak di antara toko-toko kecil yang berjejer sekitar jalan dekat Stasiun Hiroo. Sebagai pecinta dessert Jepang, kafe yang nyaman ini adalah salah satu tempat favorit untuk istirahat sambil menikmati matcha dan berbagai jenis manisan, dari tradisional hingga kontemporer.

Funabashiya Koyomi Hiroo – Bersantai di Kafe Bernuansa Jepang

Funabashiya adalah pembuat wagashi (manisan Jepang) yang sangat terkenal yang memulai bisnisnya pada tahun 1805. Seiring waktu, bisnis ini telah berkembang menjadi 25 cabang di area timur Jepang. Kuzu mochi Funabashiya, adalah produk yang paling populer disini.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Funabashiya Koyomi Hiroo (https://matcha-jp.com/en/8270)

Funabashiya Koyomi Hiroo dibuka untuk membantu menghadirkan rasa lezat dari kuzu mochi dan manisan Jepang untuk konsumen yang lebih luas dan terutama kalangan yang lebih muda. Koyomi berusaha untuk menawarkan berbagai pilihan kreatif seperti puding dan dessert yang terinspirasi dari bahan-bahan wagashi. Disini juga pelanggan dapat menikmati teh dan cemilan dengan santai.

Lantai pertama Koyomi memiliki konter yang menjual cemilan untuk dibawa pulang, seperti mochi dan cemilan tradisional lainnya. Tersedia dalam porsi perorangan maupun paket besar. Sedangkan kafe untuk bersantai berada di lantai dua. Tersedia meja untuk pasangan ataupun kelompok kecil, serta kursi meja untuk pengunjung tunggal. Jendela besar dekat meja menerangi bagian dalam kafe dengan cahaya lembut yang menciptakan suasana santai.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Interior Kafe Funabashiya di Hiroo (https://matcha-jp.com/en/8270)

Menu Recommended di Funabashiya Koyomi

Seperti dijelaskan di atas, spesialisasi Funabashiya Koyomi adalah wagashi, menjadikannya tempat yang sangat baik untuk menikmati suguhan tradisional dan teh Jepang. Menu di tempat ini relatif komplit, mulai dari makanan penutup klasik hingga manisan kreatif dan orisinal, seperti puding mochi. Dalam bahasa Jepang, "koyomi" mengacu pada kalender, menghasilkan beberapa pilihan menu musiman, seperti kakigori di musim panas.

Semua cemilan dan makanan di Koyomi dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi serta disajikan dengan indah. Gozen Meal Set, adalah paket makanan Jepang yang menampilkan beberapa jenis hidangan dan tersedia saat makan siang (11:30 - 15:00). Di bawah ini adalah beberapa opsi yang disarankan untuk dicoba di Koyomi dan pasti akan memuaskan dahaga kalian semua. Harap dicatat bahwa menu ini dalam bahasa Jepang, tetapi setiap pilihan disertai dengan gambar, membuat pemesanan menjadi lebih mudah.

Kuzu Mochi Pudding

Kuzu mochi di Funabashiya Koyomi sangat terkenal, karena telah menjadi bagian dari jajaran manisan sejak sekitar perusahaan didirikan. Kuzu mochi disini difermentasi, menghasilkan mochi putih-susu. Satu porsi kuzu mochi pudding dihargai 670 yen. Pilihan yang satu ini merupakan hidangan yang manis, dengan tekstur kenyal dan ringan. Tambahan krim dengan takaran yang tepat, membuatnya menjadi hidangan penutup yang memuaskan.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Kuzu Mochi Pudding (https://matcha-jp.com/en/8270)

Matcha dan Kuzu Mochi Set

Cara lain untuk menikmati mochi terkenal Funabashiya adalah dengan secangkir matcha hangat. Mochi kuzu yang lembut dan kenyal ditaburi dengan bubuk kedelai harum dan kuromitsu (sirup gula hitam), saling melengkapi dengan rasa pahitnya matcha. Paket 3 potong kuzu mochi dan matcha dibandrol seharga 670 yen juga.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Matcha dan Kuzu Mochi Set (https://matcha-jp.com/en/8270)

Teh Beraroma Mawar

Berbagai minuman, dari matcha hingga teh susu dengan boba ataupun latte, tersedia di Koyomi. Salah satunya adalah Japanese Tea Set yang menyajikan teh beraroma mawar yang menenangkan (seharga 700 yen). Pengunjung dapat memilih antara teh hijau gyokuro, teh hijau panggang, ataupun teh mawar. Teh mawar disini adalah jenis infused tea yang dicampur dengan teh hijau. Minuman ini memiliki aroma bunga dan rasa ringan, cocok dengan makanan penutup Koyomi, seperti puding.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Rose Tea (https://matcha-jp.com/en/8270)

Aneka Anmitsu Berwarna-Warni untuk Dibawa Pulang

Sebelum pulang, pastikan untuk memesan cemilan dari konter di lantai pertama. Salah satu cemilan yang wajib kamu beli adalah anmitsu shitarama dengan kuzu mochi (seharga 540 yen), yaitu manisan tradisional dengan agar-agar, mochi, pasta kacang merah, mikan, dan bahan-bahan lainnya.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Anmitsu Funabashiya (https://matcha-jp.com/en/8270)

Saat menikmatinya kalian juga bisa menambahkan sirup kuromitsu yang disertakan dalam setiap pembelian anmitsu untuk rasa manis ekstra. Rasa dan tekstur yang berbeda akan memanjakan lidah kamu. Karena makanan penutup di Funabashiya dibuat segar, disarankan untuk memakannya dalam waktu 48 jam setelah pembelian.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Anmitsu Mochi (https://matcha-jp.com/en/8270)

Oasis Manisan di Hiroo, Tokyo

Funabashiya Koyomi adalah sebuah tempat bersantai di kafe yang nyaman, dimana pecinta teh dan mereka para sweet tooth dapat menikmati istirahat dari keramaian Tokyo. Setelah menikmati hidangan penutup, kita juga dapat berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan sana. Mengunjungi daerah Hiroo memungkinkan kita untuk melupakan tekanan kehidupan sehari-hari. Menyeruput matcha dan menikmati makanan penutup juga membantu kita menghargai sisi Tokyo yang lebih manis dan tidak terlalu ramai.

Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo dari Hiruk Pikuk Shibuya
Bersantai di Kafe Funabashiya Koyomi Hiroo (https://matcha-jp.com/en/8270)