SHARE THIS ARTICLE

Kuzu-mochi agar-agar manis dengan saus dan taburan (1)Kinako (tepung kacang kedelai panggang) dan saus manis yang dibuat dari gula muscovado sering dipasangkan sebagai taburan kudapan manis a la Jepang tradisional. Masing-masing bahan itu beraroma dan bergizi.

Kinako dibuat dari kacang kedelai yang merupakan sumber isoflavon, oligosaccharides, serat dan protein kedelai. Tepungnya mudah dicerna dan merupakan sumber protein kedelai yang siap dikonsumsi bagi setiap orang dari segala usia.

Kuromitsu dibuat dari gula muscovado, yang dibuat dengan cara merebus sari tebu. Di Jepang, gula muscovado dibuat di kawasan selatan seperti di Okinawa dan Kepulauan Amami. Di sana, gumpalan-gumpalan gula ini dimakan begitu saja sebagai pencuci mulut, selain juga untuk memasak. Gula ini kaya vitamin dan mineral, serta dianggap sebagai salah satu faktor pendukung panjangnya usia para penduduk kepulauan di Okinawa dan Amami.

Kombinasi tepung kacang kedelai dan saus manis dapat memberikan sentuhan Jepang pada segala jenis hidangan pencuci mulut. Cobalah, misalnya untuk taburan es krim vanila.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Kuzu-mochi agar-agar manis dengan saus dan taburan (2)Untuk membuat agar-agar:
・1/2 cangkir (sekitar 60 g) tepung kentang
*Jika tidak ada, gunakan tepung jagung/maizena
・1 sendok makan gula
・1,5 cangkir (300 ml) air

Untuk membuat saus manis:
・30 g gula muscovado, atau gula merah kasar
・1/4 cangkir (50 ml) air

Untuk membuat taburan tepung kacang kedelai/kinako:
*Jika kinako tidak ada, tidak perlu menggunakan taburan ini
・2 sendok makan kinako (tepung kacang kedelai panggang)
・2 sendok teh gula
・Sejumput garam

Cara Memasak

Kuzu-mochi agar-agar manis dengan saus dan taburan (3)1. Aduk tepung kentang dan gula dalam panci menggunakan sendok kayu. Masukkan 1,5 cangkir air. Masak dengan api sedang dan terus aduk untuk mencegah campuran lengket ke panci.

2. Campuran yang encer dan berwarna putih secara perlahan akan berubah menjadi kental dan transparan. Saat separuh campuran sudah menjadi transparan, matikan api dan terus mengaduk hingga campurannya menjadi hampir semuanya transparan. Nyalakan kembali kompor dan rebus dengan api kecil selama sekitar 2 menit. Terus aduk. Campurannya harus jadi satu gumpalan yang dapat diangkat dari panci. Matikan api.

3. Tuangkan campuran yang sudah kental ke dalam cetakan atau wadah lembab berbentuk segi empat. Ratakan adonan hingga ke seluruh wadah menggunakan sendok kayu. Campuran yang menjadi agar-agar ini tebalnya harus sekitar 1-2 cm. Dinginkan wadah dengan cara meletakkannya di baki berisi air dingin. Jangan masukkan ke lemari pendingin karena teksturnya bisa jadi tidak halus.

Kuzu-mochi agar-agar manis dengan saus dan taburan (4)4. Siapkan taburannya. Untuk sausnya, campurkan 30 g gula muscovado dengan 1/4 cangkir air di dalam panci kecil. Masak dengan api kecil. Matikan api dan ratakan gumpalan-gumpalan gula muscovado menggunakan sendok. Nyalakan api dan rebus selama 1-2 menit hingga sausnya menjadi kental. Untuk taburan kinako, campur 2 sendok makan tepung kacang kedelai dengan 2 sendok teh gula serta sejumput garam.

5. Pindahkan agar-agar ke talenan yang sudah sedikit dibasahi. Iris agar-agar menggunakan pisau yang sudah sedikit dibasahi menjadi segi empat berukuran 5 cm x 3 cm. Iris segi empat itu secara diagonal untuk membuat segitiga yang langsing. Susun agar-agar berbentuk segitiga itu di atas piring dan sajikan dengan saus manis dan taburan kinako. Catatan: Jika Anda ingin tekstur yang benar-benar rata dan halus, rendam sebentar agar-agar yang sudah dipotong berbentuk segitiga dalam air es, sesaat sebelum penyajian.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT