Share on

Ketika mendengar makanan Jepang, kita mungkin akan mengingat: Sushi, Ramen, Kare, dan Gyoza. Namun sebenarnya ada beberapa makanan lain yang tidak kalah terkenal dan lezatnya dengan ke empat makanan tersebut. Makanan dari daerah Tohoku ini memiliki cita rasa yang unik dan menjadi makanan yang wajib dicoba apabila berwisata ke sana. Kira-kira makanan apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

Harako meshi: Nasi salmon dengan topping kaviar merah

Bukti arkeologis yang berasal dari 5.000 tahun yang lalu menunjukkan bahwa penduduk awal Tohoku - orang Jomon - memancing ikan salmon. Salmon selalu memainkan peran penting dalam masakan Tohoku dan harako meshi (harfiah "nasi anak salmon") adalah hidangan khas daerah tersebut. Makanan ini sering disajikan dalam pertemuan keluarga.

4 Makanan Jepang Daerah Tohoku yang Mungkin Tidak Pernah Kalian Dengar Namanya
(image: All About Japan)
Kaki no dote nabe: Panci panas tiram di tepi sungai

Dote (tepi sungai) nabe (hotpot) dinamakan demikian karena miso berwarna coklat yang dioleskan di sekitar pinggiran pot. Saat gelembung kaldu, miso ditarik ke dalam panci, sedikit demi sedikit, untuk menebalkan warna sup (seperti lumpur sungai mengalir ke sungai setelah hujan deras).

Sayuran bisa mendidih dengan santai di kaldu, menunggu untuk diambil ketika setiap orang siap. Tiram juga disajikan dalam masakan tersebut sebagai hidangan utama yang dimakan bersama saus miso.

4 Makanan Jepang Daerah Tohoku yang Mungkin Tidak Pernah Kalian Dengar Namanya
(image: HnOnline)
Matsu no mi shira ae, kaki utsuwa: Kesemek diisi dengan buah dalam saus tahu kacang

Kulit yang diukir menjadi cangkir yang mengesankan dimana kesemek yang dipotong dadu disajikan sendiri atau dikombinasikan dengan buah lainnya - anggur, pir, apel segar - yang telah disiram dengan saus klasik kacang dan tahu yang disebut shira ae. Untuk membuat sausnya kental, beberapa koki menumbuk tahu dan membumbuinya dengan mirin (wine beras manis) dan setetes usukuchi shoyu. Orang lain akan memadukan tumbuk tahu dengan miso pucat yang manis atau sesendok pasta wijen yang kaya. Di daerah Tohoku, banyak koki menambahkan kacang pinus yang sudah dihancurkan untuk mempercantik penampilan mereka.

4 Makanan Jepang Daerah Tohoku yang Mungkin Tidak Pernah Kalian Dengar Namanya
(images: CNN)
Michinoku kokeshi bento: Tahu goreng dan sayuran gunung

Makanan yang dikemas dalam kotak obento kokeshi ini adalah hidangan nasi yang dimasak dengan metode tumpuk yang dikenal sebagai Takikomi. Tahu goreng dan sayuran gunung pertama kali dimasak untuk membuat kaldu beraroma, yang kemudian digunakan untuk memasak nasi.

Takikomi biasanya menampilkan bahan-bahan regional dan musiman. Sebagai contoh, pada musim semi di Tohoku yang berarti banyak sayuran gunung, seperti pakis, paku dan tunas muda yang lembut.

4 Makanan Jepang Daerah Tohoku yang Mungkin Tidak Pernah Kalian Dengar Namanya
(image: Pinterest)