SHARE THIS ARTICLE

Inilah sejarah singkat topeng Hannya dan mengapa topeng ini terlihat menakutkan (1)Kalau kalian sering menonton film Jepang atau anime, pasti kalian pernah dong melihat topeng ini. Apa sih nama topeng ini? Topeng yang telihat menakutkan ini disebut topeng Hannya (般若). Topeng ini digunakan dalam pementasan teater tradisional Jepang yang terkenal yaitu Noh (能) dan Kabuki (歌舞伎). Pada periode Nara (710-784), Noh diperkenalkan dari China ke Jepang sebagai berbagai bentuk drama teater, dan berkat aktor legendaris bernama Kan-ami akhirnya terbentuk sebagai dasar dari Noh pada akhir abad ke-14 hingga seperti yang saat ini kita kenal. Kemudian Noh dibuat lebih halus dan dibentuk dengan cara yang lebih artistik oleh anaknya Kan-ami yang bernama Ze-ami.

Inilah sejarah singkat topeng Hannya dan mengapa topeng ini terlihat menakutkan (5)
http://fujitenzan.exblog.jp/11147909

Seperti dikutip dari iromegane.com, topeng Hannya ini namanya berasal dari seorang pembuat topeng bernama Hannya-bo yang hidup di era pertengahan periode Muromachi (1336-1573). Topeng Hannya yang ekspresi wajahnya mengungkapkan kesedihan dan kemarahan karena cemburu ini menggambarkan karakter seorang wanita. Topeng ini bahkan memiliki tanduk yang semakin membuatnya terlihat sangat menakutkan, yang dalam teater Noh sendiri merupakan salah satu karakter utama berupa iblis dengan mata berapi-api.

Ada tiga jenis topeng Hannya, walau biasanya tidak begitu dikenal.

Shiro Hannya (白般若/Hannya putih) adalah topeng yang paling elegan. Kulitnya masih berwarna putih, yang menyatakan rasa iri dari seorang wanita bangsawan.

Inilah sejarah singkat topeng Hannya dan mengapa topeng ini terlihat menakutkan (2)
http://syojyuosa.exblog.jp/17687048/

Aka Hannya (赤般若/Hannya merah) memiliki wajah sedikit merah yang hampir menuju kegilaan sepenuhnya. Rambutnya mulai menjadi berantakan.

Inilah sejarah singkat topeng Hannya dan mengapa topeng ini terlihat menakutkan (3)
http://syojyuosa.exblog.jp/17687048/

Kuro Hannya (黒般若/Hannya hitam) terlihat lebih sedih yang benar-benar telah menjadi gila dan berubah menjadi iblis.

Inilah sejarah singkat topeng Hannya dan mengapa topeng ini terlihat menakutkan (4)
http://syojyuosa.exblog.jp/17687048/

Begitu cemburunya perasaan yang dimiliki Hannya merah dan Hannya hitam, mereka bahkan telah kehilangan kendali dan akan membunuh orang lalu memakannya untuk membalas dendam. Dalam teater Kurozuka, ini adalah wujud kepribadian Hannya. Rasa cemburu dapat mengubah seorang wanita menjadi iblis dan itu bukanlah sesuatu yang bisa dikendalikan. Rasa cemburu telah ada sejak lama dan topeng Hannya adalah salah satu karakter yang paling penting dalam Noh, yang menunjukkan perasaan tersebut.

Makanya, jangan terlalu cemburu ya, nanti bisa berubah seperti topeng Hannya ini lho!

Source : iromegane.com
COMMENT