SHARE THIS ARTICLE

Setelah sebelumnya sempat membahas 10 pegulat Jepang terbaik sepanjang masa, pada artikel ini akan sedikit dibahas tentang Puroresu atau gulat khas Jepang.

kenta_puro-1bab38e

Puroresu sendiri berasal dari kata “Pro wrestling” atau “Professional wrestling“, akan tetapi dalam pelafalan bahasa Jepang disebut “purofesshonaru resuringu” (プロフェッショナル・レスリング) sehingga disingkat menjadi “puroresu“. Sebenarnya, puroresu sendiri tidak terlalu berbeda dengan pro wrestling amerika seperti yang sering kita lihat di WWE, TNA, atau yang lainnya. Namun ada sedikit perbedaan dari sisi karakteristik pro wrestling di Jepang jika dibandingkan dengan 2 negara lainnya yang memiliki budaya di mana pro wrestling berkembang yaitu Amerika dan Meksiko. Di Jepang, karakteristik pro wrestling lebih menonjolkan sisi showmanship dan semangat juang dari pegulatnya. Berbeda dengan di Amerika yang lebih menonjolkon sisi storyline dan berbeda pula dengan di Meksiko yang menonjolkan sisi hero di mana mayoritas pegulat memakai topeng.

Hal lain yang sedikit membedakan adalah dari segi movement sendiri atau gerakan gulatnya, di mana puroresu menampilkan mayoritas aliran “shoot wrestling“. Yaitu aliran gulat di mana sudah diadaptasi oleh berbagai jenis bela diri mulai dari karate, sambo, judo, kick boxing, dll. Sehingga dalam pertandingan puroresu kita akan terhibur oleh full-contact movement dari pegulat itu sendiri yang menggabungkan antara gulat dan bela diri.

SanadaDropkick

Tokoh-tokoh pelopor puroresu yang terkenal antara lain seperti Giant Baba, Antonio Inoki, Keiji Mutoh/The Great Muta, Mitsuharu Misawa, dan Kenta Kobashi. Bahkan pegulat-pegulat terkenal seperti Daniel Bryan, CM Punk, Brock Lesnar, Rob Van Dam, AJ Styles, dll juga pernah bermain di Jepang dan merasakan atmosfer puroresu.

Jadi, berminat kah untuk lebih mengenal puroresu? Tapi ingat ya, don’t try this at home!

Source : en.wikipedia.org
COMMENT