SHARE THIS ARTICLE

Siapa di antara kalian yang bercita-cita menjadi animator? Menjadi animator mungkin adalah impian para penggemar anime ya, mungkin impian kalian juga? Tapi rupanya menjadi animator di Jepang bukan hal yang mudah lho! Walau di Jepang anime adalah salah satu industri yang berharga, tapi para senimannya bekerja dalam kondisi yang keras di balik pembuatannya.

Dilansir dari newsonjapan.com, Japan Animation Creators Association (Asosiasi Animasi Kreator Jepang) melakukan sebuah survei terhadap 759 animator atas permintaan Agency for Cultural Affairs (Lembaga Bagian Kebudayaan) Jepang.

Dari hasil survei itu telah terungkap bahwa para animator rata-rata bekerja 11 jam sehari dengan pendapatan rata-rata tahunan mereka adalah sekitar 1,1 juta yen atau sekitar 10 ribu dolar. Dibandingkan dengan berbagai industri lainnya, gaji mereka sangat rendah.

Karena persaingan yang berat dengan tenaga kerja yang murah di negara-negara Asia lainnya menyebabkan kondisi kerja mereka yang buruk. Hanya demi beberapa dolar, banyak pekerja yang berada di bawah kontrak harus menyelesaikan berbagai adegan animasi.

Tapi tentunya pendapatan rata-rata tahunan mereka masih lebih besar jika dibandingkan di sini ya, tapi memang biaya hidup di Jepang berbeda dengan Indonesia. Bagaimana, masih berminat menjadi animator di Jepang? Jangan menyerah ya!

Source : newsonjapan.com
COMMENT