SHARE THIS ARTICLE

1Siapa yang tidak kenal Dorayaki? Kue kesukaan Doraemon yang berisi selai kacang merah manis ini sangat digemari oleh orang Jepang. Jika anak-anak sekarang lebih mengenal es krim rasa green tea maupun stik coklat Pocky, kalian tentu lebih mengenal Dorayaki sebagai makanan khas Jepang, dan kemungkinan besar dari anime Doraemon.

Jika kalian merupakan penggemar berat Dorayaki, atau belum pernah dan ingin mencoba kue ini, berikut kadalah daftar toko Dorayaki terbaik yang ada di Tokyo.

1. Suzumeya / すずめや

Tokyo-to, Toshima-ku, Minami Ikebukuro 2-18-5

東京都豊島区南池袋2-18-5

Buka dari pukul 10.00 – semuanya habis.

Tutup hari Minggu dan hari raya.

2Salah satu hal yang paling unik dari Dorayaki adalah kesederhanaannya. Dalam bentuk yang paling dasar, kalian bisa membuat dorayaki dari 2 buah pancake dan pasta kacang merah atau yang biasa disebut anko, lalu dibuat seperti roti lapis. Suzuya, seorang pembuat Dorayaki mengandalkan resep sederhana ini saat memulai usahanya di depan rumahnya sendiri 10 tahun lalu.

Penggemar dorayaki buatan Suzumeya menyukainya karena rasanya yang unik, sangat kaya tapi tidak terlalu manis. Dorayaki mereka ditawarkan dengan harga 150 Yen (1,45 $), sangat terjangkau jika dibandingkan dengan banyak toko Dorayaki yang terkenal di Jepang.

dy-12. Hachiban Koban /八判鼓判

Tokyo-to, Chiyoda-ku, Marunouchi 1-9-1, Daimaru Tokyo Branch, Basement Level 1

東京都千代田区丸の内1-9-1 大丸東京店 B1F

Buka Senin – Jumat pukul 10.00 – 21.00, Sabtu dan Minggu pukul 10.00 – 20.00

4Jika kalian mengejar keberangkatan kereta dan tidak punya waktu untuk pergi ke Suzumeya, kalian dapat mampir ke Daimaru Department Store tepat di persimpangan ke arah Stasiun Tokyo. Terletak di basement terdapat gerai Hachiban Koban. Dorayaki mereka yang berbentuk sedikit kotak maupun lonjong dibuat dari adonan kaya telur, gula, dan kacang merah manis yang cukup terkenal dari Hokkaido, yaitu tokachi-an, sehingga memberikan cita rasa yang sangat seimbang.

53. Yoshiya / よしや

Tokyo-to, Chuo-ku, Ginza 3-12-9

東京都中央区銀座3-12-9

Buka Senin – Jumat 09.00 – 18.00

Tutup pada hari Minggu, hari raya, dan kadang juga hari Sabtu.

6Jika kalian baru saja selesai makan siang tetapi masih ingin makan Dorayaki, datanglah ke Yoshiya. Dorayaki buatan mereka cukup tipis sehingga menjadikan selai anko sebagai sajian utama, seperti cita rasa tradisional Jepang. Dorayaki ini juga berukuran bite-size, dan sangat cocok dikonsumsi bagi kalian penyuka dorayaki tetapi masih ingin terlihat classy di daerah Ginza, tempat toko ini dibuka.

74. Kameju / 亀十

Tokyo-to, Taito-ku, Kaminarimon 2-18-11

東京都台東区雷門2-18-11

Buka pukul 10.00 – 21.00

8Dorayaki buatan mereka sangat berbeda jauh dari buatan Yoshiya, mulai dari lokasi toko hingga gaya penyajiannya yang merujuk ke gaya Kameju, yang terletak di distrik Asakusa. Tidak seperti Dorayaki buatan Yoshiya, pancake pada Dorayaki Kameju dibuat agak tebal dan empuk. Isian kacang merahnya juga cukup banyak, sesuai dengan harga yang ditawarkan, yaitu 315 Yen (3,08 $).

95. Sogetsu / 草月

Tokyo-to, Kita-ku, Jujo 2-15-16

東京都北区東十条2-15-16

Buka pukul 09.00 – 19.00

Tutup hari Selasa

10Toko ini memiliki gaya tersendiri yang mereka berikan pada Dorayaki mereka. Sogetsu mengatakan bahwa Dorayaki buatan mereka sangat terkenal dan diberi nama komatsu, terbuat dari gula merah dan madu, sehingga memberikan rasa manis dan lembut yang khas.

116. Kunpu / 薫風

Tokyo-to, Bunkyo-ku, Sendagi 2-24-5

東京都文京区千駄木2-24-5

Buka pukul 13.30 – 17.30

Tutup hari Rabu

12Jika kebanyakan dorayaki hanya diberi anko sebagai isian, Kunpu memberikan isian yang unik yang terbuat dari buah musiman seperti lemon, blueberry, dan cherry  yang dicampurkan. Tidak menyukai rasa buah? Mereka juga menyediakan isian Chinese tea, dan jika kalian ingin mencari rasa yang lebih kuat, tersedia juga isian yang terbuat dari Sake.

137. Misuzu / みすゞ

Tokyo-to, Sumida-ku, Tachiawa 3-1-11

東京都墨田区立川3-1-11

Buka Senin – Sabtu pukul 09.00 – 19.00

Tutup hari Minggu

14Tachikawa mungkin terletak agak jauh dari pusat kota. Tetapi perjalanan jauh yang dilewati untuk mencapai toko ini terbayar dengan Dorayaki yang ditawarkan Misuzu yang sangat unik dan khas, di mana isiannya terbuat dari campuran anko dan krim kocok. Dorayaki buatan mereka juga disajikan setelah didinginkan dalam lemari es, sehingga memberikan sensasi seperti memakan es krim Dorayaki.

158. Seijuken /清寿軒

Tokyo-to, Chuo-ku, Nihonbashi Horidomecho 1-6-1

東京都中央区日本橋堀留町1-6-1

Buka Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00

Tutup Sabtu, Minggu, dan hari raya.

16Dan yang terakhir, bagi kalian yang ingin mencoba Dorayaki dengan resep yang kuno, kalian bisa mengunjungi Seijuken, di mana chef dari toko ini membanggakan teknik Dorayaki buatan mereka yang seluruhnya menggunakan tangan, dan juga tidak menggunakan panci presto, melainkan merebus kacang merah mereka selama 5 jam untuk membuat anko. Beberapa pelanggan juga percaya bahwa Dorayaki buatan toko ini semakin enak jika didiamkan selama 4 malam setelah pembelian. Dorayaki mereka juga ditawarkan dengan harga yang cukup murah, yaitu 168 Yen (1,63 $) satunya.

17Jika kalian benar-benar seorang penggila Dorayaki, atau penggila Doraemon, dan kebetulan sedang berada di Tokyo, disarankan untuk mengunjungi beberapa toko ini!

Source: en.rocketnews24.com

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT