Inilah 7 Hal Menarik Mengenai Fakta Sejarah Jepang! (Bagian 2)


Fakta Sejarah Jepang
(featured image : WIkimedia)

Sebelumnya kita telah membahas 3 fakta dari 7 Hal Menarik Mengenai Fakta Sejarah Jepang di artikel bagian 1. Jepang yang merupakan negara yang penuh dengan perang, gempa bumi, kebakaran, tsunami, badai, kegagalan panen dan epidemi. Banyak peristiwa besar yang tergambar dari beberapa karya leluhur Jepang yang berjumlah puluhan ribu. Dalam ribuan tragedi bersejerah tersebut, berikut adalah 4 fakta dari 7 hal menarik mengenai sejarah Jepang :


4. Jepang pernah memiliki 5000 kastil
(image : Tokyo and Around Tokyo)

Jepang mengalami periode panjang ketidakstabilan dan perang sipil yang dikenal sebagai Sengoku, atau Warring States pada tahun periode 1467-1603. Hal ini mengakibatkan penghancuran dan pembakaran bangunan kastil, padahal sebelumnya diperkirakan Jepang pernah memiliki 5.000 istana di era tersebut. Hanya beberapa kastil tua saja yang masih ada sampai sekarang. Jepang memasuki masa kestabilan relatif yang panjang di tahun 1603 dan istana menjadi kurang penting. Pada tahun 1860-an, Jepang memulai program modernisasi yang agresif dan kebanyakan istana Jepang mulai ditinggalkan karena dipandang sebagai simbol masa lalu feodal Jepang. Bahkan pemerintah ingin menyingkirkan sebanyak mungkin istana tersebut untuk mencegah pemberontakan para samurai. Di zaman modern ini, banyak dari kastil ini telah direkonstruksi seperti kastil di Osaka.

 

5. Jepang mengembangkan teknologi printing berwarna sejak tahun 1765
(image : Pinterest)

Jepang mulai memproduksi cetakan woodblock berwarna pada tahun 1765. Teknologi ini segera digunakan untuk menghasilkan novel grafis yang dikenal dengan nama Gesaku yang gelap, sensual, main-main, mengejek dan tidak sopan. Mereka pada dasarnya adalah contoh awal dari buku komik. Karya ini dipandang sebagai ancaman bagi aristokrasi Jepang karena mereka sering meliput kontroversi politik yang terjadi pada saat itu. Reformasi Kansei tahun 1787 melarang Gesaku dan beberapa seniman dihukum karena perbuatan mereka.


 

6. Jepang telah mengembangkan robot sejak tahun 1600 an
(image : Techrepublic)

Otomatisasi seperti jam air disebutkan dalam catatan sejarah Jepang yang paling awal ditulis dari abad ke-8. Pada abad ke-17, Jepang memproduksi berbagai boneka mekanis yang dikenal dengan Karakuri untuk hiburan. Boneka ini bisa melakukan tarian sederhana atau melakukan adegan dari drama. Pada abad ke-19, Karakuri diproduksi secara luas dan bisa menyajikan teh atau memanah.

 

7. Harga properti di Ginza pernah mencapai 30 juta yen per meter persegi pada tahun 1988
(image : Armand Blog)

Pada tahun 1988, harga properti di Ginza melambung tinggi yaitu sebesar 30 juta yen permeter persegi. Distrik ini merupakan distrik yang paling modis yang ada di Jepang khususnya Tokyo. Apabila dihitung dengan nilai tukar dolar pada tahun tersebut, 1 hektar tanah di Ginza dapat mencapai 885 juta dolar Amerika.

Bagaimana menarik bukan? Fakta sejarah mana yang paling mengagumkan menurut kalian?

(featured image : WIkimedia)

Source : Japan-Talk

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
54
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
1
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
1
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
4
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
3
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes