SHARE THIS ARTICLE

Jika kalian naik kereta di Jepang, khususnya kereta dengan perjalanan lebih dari 1 jam (seperti naik shinkansen), kalian dapat dengan mudah melihat orang-orang yang tengah memakan ekiben alias eki bento (bento kereta api). Ekiben merupakan bento yang dijual di stasiun kereta api maupun di dalam kereta api, dan sudah jadi rahasia umum jika ekiben biasanya menawarkan menu-menu yang kental dengan produk khas daerah tersebut. Ekiben memiliki variasi jumlah yang sangat banyak dan konon selalu saja ada varian ekiben terbaru yang diciptakan untuk menghadapi ketatnya persaingan antar ekiben. Dari ratusan dan bahkan ribuan jenis ekiben yang tersebar di seantero Jepang, berikut ini 7 ekiben yang layak kalian pertimbangkan untuk dicicipi jika memiliki kesempatan untuk naik kereta di Jepang, seperti dikutip dari TsunaguJapan (2/10/14).

1. Seafood bento: Ika no Sumoguri (Hachinohe Station, Aomori)

ekibento.jp
ekibento.jp

Sebagai bento yang mengusung tema seafood, bento yang satu ini betul-betul berisi aneka makanan laut sehingga terlihat sangat mewah. Setidaknya di dalam bento ini ada cumi dengan isian nasi, kerang, salmon rose, irisan makarel, salmon. Cukup membuat air liur menetes, bukan?

2. Touge no Kamameshi (Gunma)

1c image_1391584569_article
www.flickr.com; photo by Tatsuo Yamashita

Bento ini tak hanya menarik karena memiliki isian nasi, daging, dan sayuran. Namun karena bento tersebut dikemas dalam wadah porselen kecil! Wadah tersebut bisa kalian gunakan lagi setelah selesai menyantap bento. Keren kan?

3. Trout Sushi (Toyama)

upload.wikimedia.org
upload.wikimedia.org

Bento yang satu ini sangatlah sederhana, hanya terdiri dari nasi cuka dan ikan trout yang dibungkus dengan daun bambu. Namun prinsip kesederhanaannya itulah yang membuat bento ini sangat terasa nuansa Jepang-nya. Trout sushi bento ini dikemas dengan sebuah pisau, jadi kalian dapat memotong-motong sendiri sushi ini sesuai ukuran yang diinginkan.

4. Fukagawameshi (Tokyo)

ja.wikipedia.org
ja.wikipedia.org

Salah satu ekiben populer di Tokyo. Terdiri dari fukagawameshi (nasi masak kerang) dan dilengkapi dengan aneka seafood lezat.

5. Kurimeshi (Kumamoto)

www.flickr.com; photo by awayukin
www.flickr.com; photo by awayukin

Bento ini memiliki kemasan yang unik seperti buah kastanye. Isinya terdiri dari kurigohan (nasi kastanye) dan aneka lauk tradisional khas Jepang.

6. kiyouken Shumai Bento (Yokohama, Kanagawa)

www.flickr.com; photo by Hajime NAKANO
www.flickr.com; photo by Hajime NAKANO

Sebetulnya, bento ini termasuk paling mudah ditemukan di seluruh Jepang. Terdiri dari nasi dan siomai dengan isian daging cincang. Namun siomai bento yang dijual di Yokohama ini termasuk salah satu yang paling populer di Jepang dan dianggap dapat mewakili wilayah Yokohama.

7. Grilled beef tongue bento (Sendai, Miyagi)

photozou.jp; photo by Memorin
photozou.jp; photo by Memorin

Salah satu ekiben yang memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Bento ini menampilkan produk khas kebanggaan Sendai, yaitu lidah sapi, yang ditempatkan di atas nasi. Salah satu point menarik adalah kemasannya. Sebeum menyantap makanan, kalian harus menarik seutas tali yang akan membuat bento tersebut menjadi hangat, sehingga bento ini terasa lezat karena dapat disantap dalam keadaan hangat.

Source : TsunaguJapan
COMMENT