SHARE THIS ARTICLE

Jepang dikenal karena etos kerja keras dan kedisiplinannya, bahkan ada yang bekerja terlalu keras hingga kehilangan nyawanya, yang disebut karoshi. Jika kalian berada di Jepang, mungkin akan menemukan pemandangan di mana beberapa orang warganya terlihat sedang tertidur di beberapa tempat dan dalam berbagai kondisi. Kebiasaan orang Jepang yang unik tersebut dinamakan inemuri, yaitu tertidur di mana saja, seperti di kendaraan umum, di tempat kerja, di kelas, dan tempat lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, walau sebagian orang memulai aktivitasnya pada pagi hari dan tertidur di malam hari, namun bagi beberapa orang di Jepang kehidupan baru dimulai saat malam hari dan siang harinya pun mereka masih harus tetap terjaga. Inemuri sendiri terdiri dari dua huruf kanji, yaitu ‘i‘ yang berarti berada di satu tempat, dan ‘nemuri‘ yang berarti tidur. Meski seseorang tertidur dan tidak memperhatikan keadaan di sekitarnya, tapi saat dibutuhkan mereka bisa dengan segera kembali melakukan aktivitasnya atau bersosialisasi.

Jika sebagian orang di negara lain menganggap tidur di tempat kerja itu adalah bermalas-malasan, di Jepang hal itu dianggap sebagai bukti dari kerja keras mereka. Apalagi setelah tahun 1980-an, saat Jepang sedang dalam masa puncak perkembangannya, jam kerja dan jadwal kegiatan seseorang itu sangatlah padat, sehingga mereka jarang meluangkan waktu untuk tidur demi mencapai tujuannya. Kebiasaan orang Jepang seperti itu pun terbawa hingga masa kini, di mana kita bisa melihat orang Jepang yang tertidur bahkan sambil berdiri di dalam kereta, dan itu bukan pemandangan yang aneh lagi.

(Featured image: sorendreier.com)

Sources :
COMMENT