SHARE THIS ARTICLE

Bila biasanya plastik-plastik yang digunakan dalam keperluan rumah tangga sehari-hari tidak bisa dimusnahkan dengan cepat dan biasanya berakhir di pusat daur ulang, kini ditemukan cara baru untuk menghilangkannya. Baru-baru ini diberitakan bila para ilmuwan di Jepang sudah menemukan solusi mudah dengan bakteri penghancur plastik.

ilmuwan-jepang-temukan-bakteri-penghancur-plastik
image: trade india

Seperti dipublikasikan dari jurnal Science A.S yang terbit pada Jumat (11/03), tim peneliti dari Keio University dan beberapa institusi Jepang lainnya menemukan bakteri yang bernama Ideonella sakaiensis, yang dipercaya mampu menghancurkan polyethylene terephthalate, atau yang dikenal dengan nama PET.

PET inilah yang menjadi masalah global karena diketahui hanya mampu didaur ulang menggunakan proses kimia menggunakan energi secara intensif. Padahal setiap tahunnya PET diproduksi lebih dari 50 juta ton dan lahir menjadi botol atau produk lainnya yang berbasis plastik. Masih menurut jurnal tersebut, bakteri penghancur plastik tersebut mampu menghancurkan lapisan tipis PET hanya dalam enam minggu di suhu 30c. Dikatakan bila PET dipecah menjadi karbon dioksida dan air.

Semoga dengan bakteri penghancur plastik ini masa depan yang lebih bersih dapat tercipta ya, minna!

Source : japan today
COMMENT